Nintendo Ingin Menyatukan Home Console dan Handheld Dengan Sebuah Perangkat Baru

Dalam Nintendo Digital Event di ajang Electronic Entertainment Expo 2014, Nintendo berhasil menyajikan presentasi yang luar biasa - lebih hangat dan meriah dibanding Sony serta Microsoft. Tapi Nintendo juga mengerti bahwa mereka harus merombak strategi dan mencari cara baru agar dapat tetap bersaing dengan para kompetitor besarnya itu.

Dan sekali lagi, Nintendo telah menemukan sebuah pendekatan revolusioner. Diungkapkan oleh sang desainer legendaris mereka, Shigeru Miyamoto, langkah Nintendo selanjutnya adalah menjembatani produk home console dan juga console handheld mereka dengan satu buah perangkat baru.

Miyamoto menjelaskan bagaimana Nintendo selalu berkesperimen dengan berbagai macam hardware anyar. Tapi kini mereka juga menaruh fokus yang besar untuk meningkatkan transisi dari satu sistem hardware ke hardware lainnya.

 

Info menarik: Nintendo Mengenalkan Franchise Game Baru, Code Name S.T.E.A.M.

 

"Semenjak GameCube hingga Wii, kami terus menyempurnakan siklus pengembangan dari satu platform ke platfom berikutnya. Namun untuk Wii ke Wii U, kami dihadapi rintangan yang lebih besar saat mentransisi ke hardware yang lebih baru," ungkap sang pencipta Mario dan Donkey Kong itu. Yang menjadi pertimbangan terbesar bagi Nintendo untuk menciptakan perangkat portable dan home console adalah performa perangkat keras yang semakin canggih.

Miyamoto menjelaskan, "Seiring kemampuan komputasi komputer yang kian berkembang, kami bisa dengan mudah untuk fokus menciptakan perangkat [gaming] portable yang juga bisa bekerja sebagai console rumah. Tapi saya tidak diperbolehkan membahasnya lebih lanjut karena berhubungan langsung dengan strategi pemasaran."

"Tapi satu hal yang saya boleh katakan adalah, untuk sementara waktu, fokus kami ialah mengembangkan dan menciptakan ekosistem seperti ini yang memungkinkan perubahan dapat berjalan dengan mulus, dari satu sistem hardware ke hardware selanjutnya," jelas Shigeru Miyamoto.

 

Info menarik: Round-up Presentasi Nintendo Digital Event dari Electronic Entertainment Expo 2014

 

Namun dengan apa Nintendo mengintegrasi lini home console dengan device handheld? Kita bisa berasumsi hal tersebut memiliki kaitan besar dengan aksesori action figure yang baru-baru ini mereka umumkan. Dan dalam ajang E3 yang telah rampung minggu lalu, Nintendo memberikan informasi yang lebih detail.

Action figure yang tadinya dikenal dengan codename Nintendo Figurine Platform diumumkan dengan nama Amiibo. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, figurine-figurine ini akan menyimpan status dan data karakter permainan. Ia memanfaatkan sensor near-field communication yang akan terkoneksi dengan Wii U GamePad untuk saling bertukar informasi.

Beberapa judul permainan pertama yang mendukung Amiibo adalah Mario Kart 8, Captain Toad: Treasure Tracker, Mario Party 10, Yoshi's Woolly World dan Smash Bros. for Wii U yang rencananya akan dirilis di musim liburan 2014.

Satu hal lagi, Amiibo bisa jadi bukanlah satu-satunya platform baru Nintendo yang mampu mengintegrasi kegiatan gaming di home console dan juga perangkat handheld.

Sumber: dua artikelIGN. Gambar header: Nintendo.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again