27 August 2013

by Bambang Winarso

Nokia Sirius Segera Rilis, Tablet Windows RT Bodi Lebih Tipis dari iPad Bergaya Lumia

Beberapa hari yang lalu Nokia dikabarkan sedang mempersiapkan phablet 6 inci dengan sistem operasi Windows Phone, belum lagi tersebut mereda Nokia kembali diberitakan sedang mempersiapkan sebuah tablet bernama Nokia Sirius yang nantinya dibekali dengan sistem operasi Windows RT dan bodi yang lebih tipis ketimbang iPad milik Apple. Bocoran ini didapatkan oleh Theverge dari sumber terpercaya yang sudah mengetahui rencana Nokia.

Tampang tablet Nokia Sirius sekilas mirip dengan Lumia namun dalam balutan casing yang lebih lebar, corak warnanya juga dipercaya akan beragam seperti Lumia. Dari bocoran yang muncul, tablet Nokia ini memiliki ukuran bodi yang lebih langsing dibandingkan iPad yang pastinya berimbas pada berat perangkat. Bergeser ke bagian layar, ukuran 10.1 inci membawa resolusi 1920 x 1080 sehingga nyaman di mata saat dipakai menonton multimedia terlebih dengan hadirnya teknologi pencahayaan yang sudah ditingkatkan sehingga nyaman digunakan di luar ruangan.

Guna menyokong kinerja tablet, sebuah prosesor Qualcomm Snapdragon 800 quad-core disematkan di dalam perangkat berduet dengan RAM berkapasitas 2GB. Kombinasi keduanya diyakini mampu memberikan performa maksimal meski dalam tekanan beban kerja yang berat.

Yang hobi jepret-jepretan bisa mendapatkan hasil foto maksimal dengan sebuah kamera belakang berukuran 6MP ditambah 2MP di bagian depan. Foto-foto yang sobat hasilkan bisa disimpan dengan rapi dalam memori internal lega yang bisa diperluas dengan microSD hingga 32GB.

Dukungan tenaga dipasok oleh baterai yang mampu bertahan hingga 10 jam sehingga aktivitas apapun saat bersama Nokia Sirius bertahan lebih lama meskipun saat tersambung dengan koneksi LTE yang tertanam di dalamnya. Sebagai pelengkap ada pula fitur tambahan seperti port Micro HDMI dan Micro USB.

Bagaimana dengan harganya mas? Sayangnya belum ada informasi terkait harga Nokia Sirius meskipun beberapa pengamat yakin perangkat ini akan dilepas dengan harga yang tak jauh berbeda dengan iPad. Tablet ini diyakini akan dimumkan pada tanggal 26 September mendatang dalam sebuah event di New York.

Sumber berita Theverge gambar Digiwo