27 March 2014

by wiku

Nokia X Dijual Seharga Rp 1,6 juta, Tersedia 12 April 2014

Akhirnya, konsumen di Indonesia sebentar lagi akan bisa menikmati dan membeli perangkat terbaru Nokia yang dirilis belum lama ini, Nokia X. Ketersediaan akan dimulai tanggal 12 April 2014.

Nokia X mencuri perhatian publik dan penikmat gadget karena ini adalah ponsel pertama dari Nokia yang menggunakan Android Open Source Platform (AOSP), bisa menjalankan aplikasi Android meski Nokia X menghilangkan berbagai layanan Google dan menggantinya dengan berbagai layanan dari Nokia serta Microsoft. Ponsel ini menjadi langkah pertama Nokia menggunakan Android.

Selain itu dari sisi harga pun ponsel ini memberikan daya tarik tersendiri, dan dalam peluncuran Nokia X yang digelar di Jakarta hari ini terungkap bahwa ponsel Nokia X akan dijual seharga 1.6 juta rupiah. Cukup murah untuk ponsel yang diberitakan bisa menjalankan berbagai aplikasi populer.

 

Info menarik: Seri Nokia X, Ponsel Nokia yang Bisa Menjalankan Aplikasi Android

 

Beberapa aplikasi yang ada antara lain BBM, Path, Facebook, Twitter dan Skype. Nokia X juga menyertakan beberapa aplikasi populer dari Nokia dan Microsoft seperti layanan email dan peta (HERE). Nokia telah menyiapkan toko aplikasi khusus untuk mengunduh aplikasi.

Sebelumnya juga diinformasikan bahwa Nokia X akan menggandeng Telkomsel untuk penjualannya, jadi kemungkinan harga yang tertera di atas bisa lebih murah lagi dengan paket bundling.

Nokia X sendiri hadir dengan layar empat inci dengan prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon S4 1Ghz, kamera utama yang dihadirkan adalah 3 MP. Ruang penyimpanan 4GB, fasilitas micro SD sampai 32GB, dual SIM dan RAM 512.

Nokia X adalah keluarga pertama dari seri ini, dua perangkat lain adalah Nokia X+ dan XL.

 

Info menarik: Nokia Umumkan ‘Keluarga Nokia X’ di MWC 2014: Nokia X, X+ dan XL

 

Meski Nokia X telah resmi diluncurkan di Indonesia, TRL mendapatkan informasi bahwa Nokia X+ dan XL belum akan tersedia di Indonesia, jadi Nokia sepertinya masih mau fokus di Nokia X dan melihat animo pasar.

Jika aplikasi menjadi penting bagi Anda, jangan khawatir, Nokia sendiri telah menggelar berbagai acara untuk menggaet para pengembang aplikasi lokal untuk menghadirkan aplikasi buatannya di Nokia X. Jadi kita nantinya akan bisa menikmati berbagai aplikasi buatan pengembang lokal.

Informasi tentang Nokia X akan kami update setelah mendapatkan rilis pers. Informasi di artikel ini di dapatkan dari rekan kami yang hadir di acara peluncuran Nokia X di kawasan SCBD hari ini.

Update:

Informasi tambahan dari rilis pers yang diterima Trenologi antara lain:

Khusus untuk pengguna Nokia X, Nokia menawarkan akses panggilan gratis selama 1 bulan dengan layanan Skype dan penyimpanan cloud di OneDrive sebesar 10GB secara gratis.

Selain itu layanan streaming musik Nokia MixRadio juga akan tersedia di Nokia X sebagai pelengkap bagi penggemar musik.

Beberapa aplikasi populer selain yang telah disebutkan di atas juga akan tersedia secara pre-loaded antara lain Line dan WeChat. Jadi Facebook, BBM, Twitter, Line dan WeChat akan tersedia secara langsung di Nokia X.

Untuk aplikasi lain seperti Path, WhatsApp, game seperti Temple Run, Subway Surfer, Hay Day, Candy Crush dan Clash of Clans bisa diunduh lewat Nokia Store atau toko aplikasi pihak ketiga.

Nokia X ini menyediakan beberapa cara untuk menggunakan aplikasi, mengunduh lewat Nokia Store, mengunduh lewat toko aplikasi pihak ketiga atau secara sideload.

Untuk aplikasi buatan developer lokal yang sudah bisa dinikmati di Nokia X beberapa diantaranya Eyes of Dragon, Blastnote dan Roly Poly Penguin.

Seperti yang sudah disebutkan, Nokia Developer telah menggelar berbagai acara untuk mengajak para pengembang lokal menyediakan aplikasi di Nokia X, salah satu diantaranya adalah program porting aplikasi. Jadi bisa dipastikan jumlah aplikasi lokal yang tersedia akan cukup banyak.

Untuk kerja sama dengan Telkomsel, disebutkan dalam rilis pers bahwa akan ada penawaran spesial untuk harga khusus Nokia X, paket data, SMS dan paket airtime dan program untuk pengguna BBM. Layanan potong pulsa atau operator billing juga akan tersedia untuk memudahkan membeli aplikasi.

Nokia X akan dijual mulai 12 April 2014 dengan harga Rp 1.600.000 dan tersedia dalam warna casing (yang bisa diganti) merah cerah, hijau cerah, cyan, putih dan hitam.