Categories

Gadget

Sempat Tertunda, Nokia X5 Akhirnya Resmi Diperkenalkan

Nokia X5 memboyong hampir semua fitur smartphone kekinian, mulai dari rasio tinggi, notch, kamera ganda dan kamera AI

Bambang Winarso - 19 July 2018

Nokia X5 sejatinya direncanakan debut pada tanggal 11 Juli lalu, tetapi dibatalkan karena suatu alasan. Tak ingin mengulur waktu terlalu lama, HMD Global akhirnya secara resmi memperkenalkan smartphone kelas menengahnya itu ke publik. Nokia X5 adalah smartphone kedua di jajaran X-series, yang pertama adalah Nokia X6 yang diluncurkan awal tahun ini.

Seri Nokia X6 merupakan generasi pertama yang menggunakan notch di layar. Dan tren itu diteruskan ke Nokia X5 bersama dengan beberapa fitur unggulan, seperti konfigurasi kamera belakang ganda yang ditumpuk secara vertikal, body kaca dua sisi dan sistem operasi Android 8.1 Oreo murni.

Nokia X5 memiliki tampilan layar yang tinggi dengan ukuran aktual 5,86 inci. Layar ini memiliki aspek rasio 19: 9 dan resolusi HD  (1520x720 piksel). Sementara di bagian depan, perangkat memiliki dagu kecil yang menjadi rumah bagi logo ikonik Nokia.

Juru gedor Nokia X5 didukung oleh prosesor MediaTek Helio P60 terbaru, chip premium yang sedikit lebih tinggi dari kelas menengah yang biasa diadopsi. Chipset ini diduduki oleh empat inti Cortex-A73 2,0 GHz dan empat inti Cortex-A53 2,0 GHz. Pilihan RAM yang ditawarkan sebesar 3GB atau 4 GB dengan memori masing-masing 32GB atau 64GB. Sumber tenaga perangkat berasal dari baterai sebesar 3,060 mAh yang terbilang standar.

Di segmen kamera, Nokia X5 masih terlihat mainstream dengan konfigurasi sensor 13 megapiksel dan 5 megapiksel di belakang. Kemudian di bagian depan, terdapat lensa 8 megapiksel dengan bukaan f/2.2 dan sudut pandang 80,4 derajat. Hadir pula teknologi AI Image, mode bokeh, mode skin portrait, mode HDR, dan sejumlah fitur inovatif lainnya.

Terakhir, di bagian konektivitas, Nokia X5 hadir dengan port USB Type-C, radio FM, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.2, GPS dengan A-GPS, GLONASS, BeiDou, dan 4G VoLTE.

Nokia X5 hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, putih dan biru. Di pasar Tiongkok, varian 3GB telah dijual dengan harga CNY 999 (sekitar $148) dan CNY 1.399 (sekitar $207).

Sumber berita Nokia dan Suning.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter