1. Lifestyle

Nvidia Mengkonfirmasi Versi PC GTA V, Kemudian Menyangkalnya Kembali?

Ah Rockstar... Publisher game yang satu ini memiliki hubungan yang aneh dengan para gamer PC. Di satu sisi, mayoritas game-game yang di-publish (atau dibuat, seperti Ubisoft, Rockstar memiliki developer in-house sendiri) mereka sangat canggih. Namun sayangnya, mereka juga sering menganaktirikan pengguna PC. Grand Theft Auto V tampaknya memiliki kisah yang tak jauh berbeda.

Berhubung sang publisher hampir tidak mengeluarkan informasi apa-apa tentang versi PC-nya, banyak di antara kita yang akhirnya patah harapan dan memutuskan untuk tidak mengindahkannnya... hingga saat Nvidia membuat sebuah komentar bahwa GTA V akhirnya akan mendarat di PC di akhir kwartal ketiga tahun ini.

Komentar ini berasal dari Seeking Alpha yang menuliskan transkrip confrence call di awal bulan Agustus. Kemudian akhirnya berita ini juga muncul dan dianalisa oleh Forbes dan para jurnalis game di PC Gamer. Anda penasaran apa sih yang tertulis di sana? Saya akan mencoba menterjemahkannya:

“Pasar PC terus berevolusi. Walaupun produk laptop mainstream mendapat tekanan dari tablet, penjualan gaming system PC dan model work station kian naik dengan pesat. Kemajemukan dari tiap sistem yang terjual merefleksikan bagaimana konsumen menggunakan kelas PC yang berbeda-beda,” kata Chris Evenden, Senior Director Investor Relation di Nvidia. “Banyak konsumen melihat PC sebagai perangkat multiguna yang bisa mereka gunakan untuk browsing, mengirim email hingga sharing video jejaring sosial. Namun hal di atas bisa mereka lakukan dengan tablet. Namun secara kontras, para gamer mempersiapkan PC untuk menangani jajaran game-game yang akan keluar di musim gugur nanti, termasuk title-title blockbuster seperti Call of Duty: Ghosts, Grand Theft Auto V dan Assassin’s Creed IV.”

Ada dua hal menarik yang bisa kita lihat di sini. Pertama tentu saja ketika Chris Evenden menyebutkan bahwa ‘Grand Theft Auto V, bersama dengan beberapa game blockbuster lainnya, akan dirilis musim gugur nanti – atau bertepatan dengan kwartal tiga 2013’.

Banyak orang beropini bahwa apapun yang terjadi, GTA V akan dirilis di PC. Kita hanya tidak tahu kapan ia akan diluncurkan. Mayoritas jurnalis game menerka peluncuran GTA V PC tidak akan terjadi hingga tahun 2013 berakhir. Pernyataan seperti ini membuat kita kembali bersemangat. Apalagi setelah kita mendapatkan bocoran dari RockstarWatch yang menyatakan bahwa Rockstar Leeds ‘membuka lowongan khusus para programmer untuk membantu mereka menghadirkan title Rockstar terbaru ke platform PC’.

Hal kedua yang cukup menarik adalah pernyataan ini keluar dari lisan sang Senior Director Investor Relation Nvidia. Ia adalah orang yang paling berperan dalam membuat kesepakatan-kesepakatan dengan perusahaan lain seperti manufaktur hardware hingga publisher game. Hal ini menunjukkan bukan hanya Nvidia dengan Rockstar, namun bisa ditebak bahwa Grand Theft Auto V (bersama dengan game-game yang disebutkan lainnya) dioptimalkan untuk pengguna kartu grafis Nvidia.

Namun beberapa jam setelah berita ini tersebar, Nvidia langsung mengkontak tiap website yang mengabarkan berita ini dengan sebuah email. Isi email-nya tertulis sama:

“Mohon perhatian, sehubungan dari transkrip konfrensi kami Kamis lalu, tim Investor Relation kami menyebutkan daftar game-game penting yang akan dirilis di PC musim gugur nanti, termasuk salah satunya Grand Theft Auto V... Pernyataan ini dibuat sebagai ekspresi antusiasme terhadap industri game secara umum, dan tidak dimaksudkan untuk merepresentasikan apa yang diketahui Nvidia. Nvidia tidak memiliki informasi apapun mengenai versi PC Grand Theft Auto V dan juga waktu ketersediaannya. Kami mohon maaf untuk kesalahan ini.”

Tentu saja banyak orang akan berasumsi bahwa ralat informasi yang Nvidia lakukan juga disebabkan karena permintaan Rockstar. Saya cukup yakin Nvidia tidak mungkin ‘tidak memiliki informasi apapun’ tentang GTA V. Anda yang sudah berharap GTA V akan hadir musim gugur nanti untuk PC bisa jadi harus menarik kembali kegirangan Anda. Tapi siapa tau akan ada informasi tambahan yang muncul selanjutnya.

Untuk mengurangi rasa kecewa Anda, silakan nikmati gameplay video Grand Theft Auto V di bawah.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again