1. DScovery

On The Job Training (OJT): Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Bentuknya

Saat ini, banyak perusahaan yang mewajibkan on the job training (OJT) bagi karyawannya. Simak artikel berikut mengenai penjelasan OJT.

Bagi kamu yang baru lulus dan sedang melamar pekerjaan, mungkin kamu harus memahami tentang on the job training (OJT) terlebih dahulu. Pasalnya, beberapa perusahaan mewajibkan pelaksanaan on the job training bagi karyawannya.

Lantas, apa yang dimaksud dengan on the job training dan apa saja bentuknya? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Pengertian On The Job Training

On the job training atau OJT adalah metode pelatihan yang dikhususkan dan ditujukan untuk karyawan agar memahami pekerjaan yang akan dilakukan secara lebih spesifik. On the job training biasanya berisi pengajaran skill, pengetahuan dan kompetensi sesuai yang dibutuhkan.

Karyawan yang melaksanakan on the job training dibimbing langsung oleh supervisor maupun manajer yang terkait. Setelah training selesai, karyawan akan langsung terjun ke dalam lingkungan kerja dengan mempraktikkan pengetahuan dan kemampuan yang telah didapat sebelumnya.

Tujuan On The Job Training

Ada 3 aspek penting yang menjadi tujuan dilaksanakannya on the job training. Berikut penjelasan lengkap ketiga aspek tersebut.

Pengetahuan (Knowledge)

On the job training memiliki tujuan utama untuk memberikan pengetahuan yang cukup kepada karyawan mengenai tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Dengan ini, karyawan dapat memberikan performa yang maksimal dalam posisi yang menjadi tanggung jawabnya.

Perilaku (Attitude)

Selain pengetahuan, on the job training diharapkan dapat membuat karyawan memiliki sikap dan perilaku yang penuh inovasi dan motivasi. Salah satu cara perusahaan menilai motivasi kerjanya adalah dengan mencatat presensi karyawan.

Keterampilan (Skill)

Tentunya, on the job training juga diharapkan dapat meningkatkan dan menyesuaikan keterampilan yang dimiliki karyawan dengan bidang pekerjaannya.

Bentuk On The Job Training

Terdapat beberapa bentuk on the job training yang biasa diterapkan oleh perusahaan, antara lain:

Coaching

Coaching merupakan pelatihan yang ditujukan untuk karyawan baru, dengan bantuan karyawan yang telah berpengalaman dalam memberikan instruksi-instruksi yang dibutuhkan dalam pekerjaannya. Bentuk pelatihan ini akan membantu karyawan baru dalam memahami tugas dan tanggung jawab mereka melalui instruksi dan demonstrasi yang telah diberikan.

Mentoring

Mentoring biasanya diberikan kepada karyawan yang berada pada jenjang manajerial. Bentuk pelatihannya hampir sama dengan coaching. Bedanya, manajer lah yang bertugas sebagai mentor untuk memberikan instruksi dan membimbing bawahannya.

Rotasi Pekerjaan

Rotasi pekerjaan merupakan bentuk pelatihan yang membuat karyawan beralih dari satu tugas ke tugas lain yang masih terkait. Bentuk pelatihan ini bertujuan agar karyawan dapat semakin memahami latar belakang pekerjaan mereka.

Pelatihan jenis ini juga membantu karyawan agar tidak bosan ketika harus melakukan pekerjaan yang sama secara berulang-ulang. Selain itu, karyawan juga dapat memanfaatkan pelatihan ini untuk menjalin relasi dengan karyawan lain.

Pelatihan Intruksional Pekerjaan

Dalam pelatihan ini, karyawan akan diberikan gambaran umum dan hasil yang diharapkan mengenai pekerjaan mereka. Ketika karyawan sudah memahami tugasnya, maka mereka berhak untuk menyelesaikannya sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Pada akhir pelatihan, karyawan dapat menyampaikan feedback dan diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang menjadi kendala selama masa pelatihan.

Understudy

Understudy merupakan bentuk pelatihan yang diberikan langsung oleh atasan kepada karyawannya. Biasanya, pelatihan jenis ini diberikan oleh atasan yang hendak pensiun, sehingga penggantinya dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan yang diharapkan.

Apprenticeship

Apprenticeship merupakan bentuk pelatihan yang diberikan kepada karyawan di bidang perdagangan, kerajinan dan teknis. Biasanya, pelatihan jenis ini memiliki durasi waktu yang relatif panjang hingga karyawan tersebut benar-benar menguasai pekerjaannya.

Manfaat On The Job Training

OJT banyak diterapkan di berbagai perusahaan karena memberikan banyak manfaat bagi perusahaan dan juga karyawannya. Adapun beberapa manfaat OJT, antara lain:

  • Meningkatkan kinerja karyawan secara signifikan.
  • Mudah dilaksanakan karena tidak memerlukan banyak waktu dan tempat untuk melakukan pelatihan.
  • OJT dapat dilaksanakan secara bersamaan saat karyawa mengerjakan pekerjaannya.
  • Lebih efektif dalam melatih karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaannya.
  • Membantu karyawan baru untuk cepat beradaptasi.
  • Dapat menjadi sarana team-building antara karyawan baru dengan karyawan lama.

Nah, demikian penjelasan lengkap mengenai on the job training (OJT). Semoga artikel ini dapat menambah wawasan baru bagimu mengenai OJT.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again