Home Appliance

Oomi Adalah Sistem Smart Home dengan Kemudahan Integrasi Aksesori

Konsep smart home yang paling umum biasanya melibatkan sebuah unit hub, berbagai perangkat atau sensor dengan fungsi yang berbeda, serta aplikasi mobile sebagai pusat kontrolnya. Konsep ini memang fungsional, tapi dirasa terlalu kompleks bagi sebagian orang.

Hadirlah Oomi, sebuah sistem smart home yang ingin menyederhanakan konsep tersebut. Oomi dirancang agar konsumen paling awam pun tidak kesulitan mengambil manfaat darinya.

Seperti biasa, terdapat sebuah unit hub pada sistem ini. Bernama Oomi Cube, komponen ini tidak cuma bertugas menjadi jembatan komunikasi antara perangkat dan sensor lainnya, tetapi juga memonitor beragam atribut di dalam rumah.

Di dalamnya telah tertanam 8 buah sensor, mulai dari sensor ultraviolet, sensor getaran, pendeteksi suara, pendeteksi gerakan, sensor kelembaban, sensor suhu, sensor cahaya ambient sampai pendeteksi kaca pecah. Sebuah kamera night vision turut disematkan sehingga Oomi Cube bisa mengetahui hampir semua yang terjadi di dalam rumah Anda.

Info menarik: Hive, Sistem Otomatisasi Rumah untuk Keperluan Keamanan Sekaligus Hiburan

Mendampingi unit hub tersebut adalah Oomi Touch. Komponen ini adalah satu-satunya controller yang dibutuhkan, Anda tidak perlu mengunduh dua atau lebih aplikasi smartphone yang berbeda demi mengatur sensitivitas sejumlah sensor. Kendati demikian, aplikasi pendamping untuk perangkat Android dan iOS tetap disertakan sehingga pengguna masih bisa mengontrol meski sedang tidak berada di dalam rumah.

Oomi Touch sederhananya merupakan sebuah tablet berlayar 7 inci dengan sejumlah tombol fisik ekstra. Tidak cuma mengontrol komponen yang terintegrasi ke dalam sistem milik Oomi, Oomi Touch juga bisa disandingkan dengan televisi Anda.

Menyambungkan Oomi Cube dan Oomi Touch sangat mudah. Keduanya telah dilengkapi NFC, Wi-Fi dan Bluetooth LE. Anda hanya perlu menempelkan keduanya dan sambungan pun berhasil dilakukan.

Info menarik: Mencegah Tagihan Listrik Bengkak dengan Colokan Listrik Pintar D-Link Wi-Fi Smart Plug

Namun apalah arti sistem smart home jika tidak ada integrasi sejumlah aksesori. Selain kompatibilitas dengan perangkat-perangkat berteknologi Z-Wave, Oomi sendiri juga menawarkan berbagai aksesori dengan fungsi yang beragam.

Yang pertama adalah Oomi Bulb. Lampu bohlam ini berfungsi seperti Philips Hue atau sejenisnya, dimana Anda bisa mengatur warna cahaya yang berpenjar guna menciptakan atmosfer yang berbeda di dalam ruangan.

Kedua, Oomi Plug akan menyulap colokan listrik biasa menjadi sebuah colokan pintar sehingga semua perangkat yang tersambung bisa Anda kontrol dan monitor pemakaian energi listriknya via Oomi Touch. Setiap Oomi Plug juga disertai port USB untuk keperluan mengisi ulang baterai perangkat mobile.

Ketiga, Oomi MultiSensor sejatinya merupakan extension dari Oomi Cube bagi konsumen yang memiliki rumah berukuran besar. Sama seperti Oomi Cube, ia juga sanggup memonitor berbagai atribut sekaligus.

Untuk memonitor kebersihan udara di dalam rumah, pengguna bisa memanfaatkan Oomi Air. Aksesori ini mampu memonitor partikel-partikel udara yang berukuran mikroskopis untuk menganalisa kondisi udara yang mengisi ruangan.

Terakhir adalah Oomi Streamer. Aksesori ini mempunyai fungsi seperti Google Chromecast. Tancapkan Streamer pada port HDMI televisi, maka Anda bisa memutar berbagai konten dari sejumlah layanan streaming yang ada.

Info menarik: Xiaomi Perluas Lini Produknya ke Ranah Rumahan

Namun yang paling menarik adalah bagaimana cara mengintegrasikan aksesori-aksesori di atas ke dalam sistem smart home milik Oomi: tempelkan aksesori-aksesori tersebut dengan Oomi Touch, maka sambungan pun berhasil dan Anda siap mengontrolnya di mana saja di dalam rumah. Dengan demikian, konsumen awam pun siap mengubah rumahnya menjadi sebuah smart home dengan mudah.

Oomi saat ini sedang menjalani kampanye di Indiegogo. Dalam waktu sekitar enam hari, dana yang dikumpulkan sudah mencapai delapan kali lipat dari target aslinya.

Pledge paling rendah yang ditawarkan adalah $289, yang mencakup Oomi Cube, Oomi Touch dan satu aksesori pilihan Anda (Bulb, Plug atau MultiSensor). Jika Anda butuh lebih, Anda bisa memilih pledge senilai $439 yang mencakup Oomi Cube, Oomi Touch, tiga aksesori pilihan Anda plus Oomi Air atau Oomi Streamer – tidak termasuk biaya pengiriman internasional sebesar $39.

Sumber: Indiegogo dan TechHive.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter