Categories

Gadget

OS X Yosemite Sudah Hadir Untuk Mac Anda

Yoga Wisesa - 17 October 2014

Diambil dari nama taman nasional Warisan Budaya Dunia di Amerika, Yosemite merupakan versi kesebelas platform OS X garapan Apple untuk komputer Macintosh, sebagai penerus Mavericks. Setelah diumumkan dan dilepas ke para developer awal Juni lalu, akhirnya Mac OS X Yosemite tersedia untuk pengguna umum mulai tanggal 16 Oktober.

Update ini mengenalkan revisi besar-besaran dalam user interface, dengan desain mengambil inspirasi dari iOS 7, meskipun tetap berpegang pada pada basis desktop. Layaknya OS mobile mereka, penampilan visual Yosemite lebih datar ditambah efek blur transparan. Apple juga menambahkan rancangan ikon-ikon baru, lalu mengganti default font dari Lucida Grande dengan Helvetica Neue.

"Desain elegan yang terasa menyegarkan, tapi tetap akrab," begitulah penjelasan Apple. Sang raksasa asal Cupertino itu bermaksud untuk meningkatkan pengalaman menggunakan Mac. Mereka melihat seluruh sistemnya dan memperbaiki aplikasi satu per satu, tak lupa membubuhkan kemampuan baru di interface-nya. Tapi tak hanya penampakannya saja, Yosemite juga memiliki fitur menyerupai device ber-iOS.

Sebagai salah satu pilar Continuity di Yosemite, Mac kini menjadi ekstensi iPhone dan Anda bisa menjawab panggilan telepon serta menerima pesan singkat langsung dari Mac. Selain itu terdapat fungsi Handoff yang memungkinkan OS terintegrasi ke device iOS 8 via Bluetooth LE dan Wi-Fi. Handoff bekerja diseluruh perangkat Mac OS X dan iOS di satu Apple ID. Aplikasinya tersaji secara interaktif, jadi saat Anda mengakses app yang kombatibel dengannya, link akan muncul di device lain.

 

Info menarik: Inikah Bentuk Desain iPad Air Baru Yang Akan Dirilis Apple?

 

Di sisi fungsi kontrol; tombol, checkbox dan menu pop-up terlihat lebih bersih. Sistem juga lebih pintar, dan sekarang warna lampu lalu-lintas melengkapi tombol close, minimize dan full screen. Apple menyederhanakan penampakan Dock dan ikon agar tampilannya lebih konsisten dan harmonis, tapi tak lupa langsung mudah dikenali.

Lalu buat apa mengubah default font-nya? Menurut Apple, font adalah bagian esensial dari UI. Mereka percaya Helvetica lebih mudah dibaca serta konsisten di seluruh ekosistem Mac. Anda akan melihat typeface tersebut di window app, bar menu dan lain-lain. Safari, Mail, hingga Message bukan hanya mendapatkan penampilan lebih menarik, tapi bekerja lebih baik pula.

Seluruh Mac yang berjalan di OS X Mavericks bisa di-update ke OS X Yosemite. Jika perangkat Anda mempunyai RAM minimal 2GB dan ruang kosong di hard drive 8GB, kemungkinan besar ia mampu menjalankannya. Simak daftar device lebih lengkapnya di bawah.

  • iMac (pertengahan 2007 atau terbaru)
  • MacBook (13-inci Aluminum, akhir 2008), (13-inci, awal 2009 atau terbaru)
  • MacBook Pro (13-inci, pertengahan 2009 atau terbaru), (15-inci, pertengahan 2007 atau terbaru), (17-inci, akhir 2007 atau terbaru)
  • MacBook Air (akhir 2008 atau terbaru)
  • Mac Mini (awal 2009 atau terbaru)
  • Mac Pro (awal 2008 atau terbaru)
  • Xserve (awal 2009)

Apple OS X Yosemite telah tersedia untuk diunduh gratis, dan cara update-nya juga cukup mudah. Namun karena besar file lebih dari 5GB, sebaiknya Mac tetap tersambung ke sumber listrik. Download manualnya bisa Anda dapatkan melalui tautan ini.

Sumber: Apple.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter