[Panduan Pemula] Cara Daftar Layanan Cloud Dropbox

Siapa coba yang tidak kenal dengan layanan cloud Dropbox. Meski masih berusia belia, layanan penyimpanan data online ini sudah memiliki pengguna tak kurang dari 300 juta. Hebatnya, 100 juta dari total pengguna didapat hanya dalam tempo 6 bulan terakhir.

Penasaran kan mengapa layanan ini begitu populer dan tak ingin ketinggalan dengan pengguna lainnya? Jika sobat ingin tahu lebih, sebaiknya daftarkan akun di Dropbox. Belum tahu caranya? Ini dia cara daftar Dropbox yang menjadi topik kolom panduan pemula hari ini.

  • Pertama-tama salin tautan ini https://www.dropbox.com atau langsung saja klik di tautan ini. Kemudian klik tombol Sign Up, akan muncul formulir pendaftaran di halaman yang sama seperti gambar di bawah ini. Isi sesuai dengan data Anda, lalu terakhir klik tombol Sign Up.

  • Setelah dihantarkan ke halaman berikutnya, Anda diminta untuk memilih paket berlangganan. Ada tiga paket yang ditawarkan, silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan, tetapi jika ingin mencoba dahulu secara gratis silahkan pilih paket Basic dengan mengklik tombol Continue di kolom paket yang dimaksud.

 

Info Menarik: KakaoTalk Versi Mac Telah Tersedia dan Telah Bisa Diunduh

  

  • Sampai di sini Anda hampir menyelesaikan tutorial cara daftar Dropbox ini, namun sebelum itu Dropbox akan meminta Anda untuk mengunduh aplikasi mereka yang nantinya berguna untuk prosedur sinkronisasi data dari komputer lokal ke akun Anda.

Info Menarik: Muncul di Situs HTC Cina, HTC One E8 Alias HTC One M8 Ace Segera Rilis?

  • Klik tombol Save filedan ikuti proses instalasi yang diminta, setelah itu Anda boleh menutup dahulu aplikasi tersebut. Khusus bagian ini baru akan kita bahas minggu depan.

  • Setelah menutup aplikasi Dropbox, sekarang kembali ke peramban Anda dan kembali ke halaman muka Dropbox. Apabila kondisinya Anda sudah masuk ke dalam akun, maka tampilan halaman depan akan seperti berikut ini. Di sini secara umum tampilannya tak jauh berbeda dengan aplikasi explorer di perangkat komputer. Terdapat dua panel di mana bagian kiri menjadi panel utama navigasi, dan panel kanan menjadi panel data berada termasuk folder.

Di panduan pemula edisi berikutnya, kita akan bahas cara unggah dan cara menggunakan aplikasi Dropbox, sehingga tanpa masuk ke dalam akun, Anda tetap dapat mengakses data termasuk mengunggah atau mengunduh data.

Gambar header diolah dari blog.dropbox.