Categories

Mobile

[Panduan Pemula] Mengaktifkan Content Blockers di iOS 9

Aditya Daniel - 25 September 2015

Sudah update iOS 9? Apa fitur favorit Anda? Dengan fokus pada peningkatan performa serta stabilitas pada perangkat iOS, iOS 9 menawarkan salah satu fitur yang cukup kontroversial yang dibenamkan pada peramban bawaan Safari yaitu content blockers.

Content blockers pada iOS 9 akan membuat Safari lebih cepat dalam menampilkan sebuah halaman web dengan memblokir iklan, tracking script, serta komponen web lain yang tidak diperlukan.

Tak hanya mempercepat waktu tunggu sebauh laman web untuk tertampil penuh namun content blocker juga dapat menghemat penggunaan data internet. Bahkan beberapa aplikasi content blocker mampu menghemat penggunaan data internet hingga lebih dari 50% dari biasanya.

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur content blockers ini? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Info Menarik: Dengan Aplikasi Kontak Ini, Anda Bisa Tahu Siapa yang Sibuk dan Siapa yang Lowong

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi content blocker dari App Store. Saya menggunakan Crystal yang bisa Anda dapatkan cukup dengan Rp 5 ribu rupiah saja.
  2. Setelah mengunduh Crystal, buka Settings > Safari > Content Blocekrs.
  3. Aktifkan Crystal.

Crystal akan membantu Anda mendapatkan laman web yang ingin dikunjungi untuk dapat dimuat secara lebih cepat. Javascript yang digunakan untuk melacak kegiatan pengguna pada situs, iklan dari sponsor, font eksternal akan diblokir oleh Crystal.

Perhatikan kedua screenshot di bawah ini. Screenshot sebelah kiri adalah tampilan website iMore yang dibuka sebelum menggunakan content blockers dan screenshot sebelah kanan adalah tampilan website iMore yang dibuka setelah mengaktifkan content blockers:

Hadirnya content blockers memang masih menjadi perdebatan panjang dan menjadi salah satu fitur kontroversial yang dihadirkan oleh Apple pada iOS 9. Bagi para publisher atau penyedia konten, kehadiran iklan ataupun produk sponsor bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pemasukan yang nantinya digunakan untuk membayar biaya operasional serta biaya fasilitas penunjang lainnya.

Info Menarik: Aplikasi Email Dispatch Akhirnya Tiba di iPad, Bawa Integrasi 55 Aplikasi Lain

Sebagai pengguna, sah-sah saja menggunakan content blockers untuk dapat mengakses website dengan cepat, namun jangan lupa bahwa ada kalanya kita juga harus turut mendukung para penyedia konten. Dengan mendukung para penyedia konten kita juga mendukung mereka untuk terus dapat menghasilkan konten berkualitas.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter