DScovery

5 Peluang Bisnis Online Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Berikut ide bisnis online bagi ibu rumah tangga yang menjanjikan dan tak ada matinya.

Kamu seorang ibu rumah tangga yang ingin mencari pekerjaan sampingan? Dengan membaca artikel ini, kamu telah melakukan pilihan tepat karena kami akan memberikan 5 rekomendasi bisnis sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga sepertimu.

Tenang saja, kumpulan bisnis ini tak membutuhkan banyak modal untuk memulainya. Bahkan, beberapa di antaranya gratis alias tak butuh modal sedikitpun. Penasaran? Simak terus informasinya!

Penulis Lepas

Yang pertama adalah menjadi penulis lepas. Di zaman serba digital seperti sekarang ini, kemampuan menulis sangat dibutuhkan, baik itu untuk website, media sosial, teks iklan digital, dsb. Terlebih, jika kamu mampu menulis persuasif dan engaging.

Menjadi penulis lepas sendiri merupakan salah satu bisnis online paling naik daun saat ini. Kamu bisa mencari klien secara mandiri dengan promosi lewat channel milikmu. Atau bisa juga melalui situs freelance. Di situ, kamu akan menemui banyak klien, tetapi harus pintar-pintar menawarkan jasamu.

Dropshipper dan Affiliate Marketing

Usaha rumahan yang satu ini juga termasuk bisnis online yang lagi tren saat ini. Bisnis ini menjadi pilihan yang cocok bagi ibu rumah tangga untuk membantu pendapatan di masa pandemi. Dropshipping sendiri mirip seperti reselling, yaitu memasarkan produk orang lain, tetapi tanpa menyediakan stok barang.

Sistem ini juga hampir mirip dengan affiliate marketing. Bedanya, setelah mencapai target promosi produk, kamu akan diberi komisi sesuai kesepakatan dengan penjual. Terlebih, kedua pekerjaan ini tak perlu mengeluarkan modal sepeserpun. Menarik bukan?

Dengan kemudahannya, jenis usaha rumahan ini juga sangat cocok untuk pemula. Kamu hanya butuh kemampuan promosi atau marketing untuk memasarkan produk. Selebihnya, kamu tinggal menikmati transferan dari penjual saja, deh.

Membuka Online Shop

Bisnis menjanjikan lainnya adalah membuka online shop sendiri. Kelebihan bisnis ini dari lainnya, kamu tak perlu bergantung dengan bisnis orang lain. Kamu juga bisa menjalankan bisnis sesuai dengan keinginanmu sendiri.

Ada banyak sekali peluang yang bisa dimanfaatkan, seperti bisnis frozen food, jualan hasil kerajinan tangan, jualan camilan atau makanan kekinian, dan masih banyak lagi. Dengan modal 1 juta saja atau bahkan kurang, usaha ini sangat berpeluang untuk ibu rumah tangga.

Membuka Kursus Online

Selanjutnya adalah membuka kursus online. Di era serba digital ini, sudah banyak yang beralih ke kursus online. Nah, sembari mengurus rumah tangga, tak ada salahnya kamu memanfaatkan kesempatan ini. Misalnya dengan membuka kelas Bahasa Inggris, les pelajaran anak sekolah, dll.

Atau jika kamu mantan recruiter, kamu bisa menawarkan jasa konsultasi lamaran kerja secara online. Tentu saja, bisnis ini tak dipatok modal apapun alias gratis. Hanya dengan bermodal laptop dan WiFi di rumah, kamu sudah bisa menambah pendapatan rumah tangga.

Jasa PPOB

Usaha sampingan ini sangat berpeluang bagi ibu rumah tangga yang tinggal di desa. Pasalnya, jasa PPOB atau payment point online bank memungkinkan semua pembayaran tagihan dan top up e-money lebih mudah.

Usaha ini juga sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang punya bayi karena pekerjaannya sangat mudah. Kamu bisa mengerjakannya setelah menidurkan sang bayi, yaitu dengan mengisi saldo sebagai agen pembayaran PPOB, lalu membayarkan tagihan konsumen. Mudah sekali bukan?

 

Demikian 5 peluang bisnis sampingan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga. Jangan khawatir redup karena bisnis tersebut dijamin tak matinya. Kamu bisa memulainya kapan saja, tetapi lebih cepat lebih cuan bukan?

Sumber gambar header: iStock Photo

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again