1. Startup

Pembaruan TRAFI Perkaya Informasi "Real Time" Moda Transportasi di Jakarta

Termasuk hasil kerja sama TRAFI dengan TransJakarta dan Jakarta Smart City

Aplikasi yang menyajikan informasi layanan transportasi di Jakarta TRAFI, baru-baru ini mengumumkan peluncuran fitur terbarunya yang memungkinkan pengguna mendapatkan informasi real-time kedatangan bus TransJakarta. Ini merupakan output kerja sama antara TRAFI dengan TransJakarta sebagai bagian dari peningkatan layanan smart city ibukota. Selain penambahan fitur tersebut, penyegaran tampilan aplikasi juga disuguhkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih sederhana.

"Selain strategic partnership, selama satu tahun terakhir ini kami fokus dalam pengembangan produk, yaitu bagaimana membuat TRAFI menjadi highly localized. Walaupun masih terus dilakukan pengembangan, saat ini versi baru TRAFI hadir dengan interface dan tampilan baru yang lebih simple dan lebih mudah digunakan untuk meningkatkan experience pengguna TRAFI," ujar Country Manager TRAFI Indonesia Dimas Dwilasetio.

Halaman Home Screen di aplikasi TRAFI

Dari pembaruan terakhir, TRAFI memiliki 3 menu utama, yakni Home Screen, Routing dan Timetables. Pada Home Screen aplikasi, pengguna akan disajikan informasi seluruh moda transportasi yang telah terhubung. Saat ini layanan on-demand seperti Go-Jek, Uber dan Grab juga sudah terintegrasi, pengguna dapat langsung melakukan order melalui aplikasi TRAFI. Selanjutnya pada menu Routing, TRAFI telah mengembangkan sebuah routing engine yang meng-aggregate lebih banyak opsi hasil pencarian navigasi.

Menu Timetables menampilkan jadwal seluruh moda transportasi dari 500 rute untuk seluruh penjuru Jakarta. Moda transportasi yang terangkum di dalamnya termasuk TransJakarta, bus reguler, angkutan umum, KRL Commuter Line dan Shuttle bandara. Tampilan Timetables ini juga dilengkapi dengan peta untuk mengetahui posisi kendaraan secara real-time. Sedangkan untuk mengetahui halte atau stasiun terdekat, pengguna dapat mencarinya melalui fitur "nearby departure" dan "nearby stops". TRAFI kini juga bisa dioperasikan dalam mode offline.

"Bentuk kerja sama TRAFI dengan TransJakarta saat ini berupa pengembangan sistem teknologi dan operasional. Sedangkan dengan Jakarta Smart City, kami bekerja sama perihal data sharing, yang berguna untuk menganalisis pola penggunaan transportasi umum di Jakarta guna pengembangan dan perencanaan kota yang lebih baik, demi mewujudkan konsep smart mobility," lanjut Dimas.

Setelah peluncuran fitur terbaru ini, tahun 2017 TRAFI akan mulai fokus pada peningkatan pertumbuhan pengguna. Targetnya 1 juta pengguna aktif per bulan sampai tahun 2018. Inisiatif pemasaran dan kerja sama dengan beragam pihak akan menjadi manuver besar TRAFI di tahun ini, tak hanya dengan unsur pemerintahan, namun juga dengan startup dan korporasi lokal.

"In the future, kami akan mengembangkan payment integration, AI development dan routing engine. Bahkan untuk routing nantinya our intelligent will know whether our users prefer TransJakarta over KRL, or Gojek over Uber, dan menampilkan hasil pencarian sesuai behaviour pengguna. We also have plan to integrate with realtime weather, for example TRAFI will not show walking/motorbike option during rain," ujar Dimas menceritakan target pengembangan di tahun 2017.

Dimas juga menceritakan bahwa bisnis TRAFI secara global saat ini juga sedang gencar melakukan ekspansi ke negara berkembang. Selain di Indonesia TRAFI juga sedang fokus melakukan pengembangan di India. Dalam waktu dekat negara-negara lain di Asia Tenggara direncanakan akan menjadi tempat singgah selanjutnya.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again