Categories

People

Pencipta Android Hengkang Dari Google

Oki Rosgani - 31 October 2014

Nama co-founder Android Andy Rubin sangat lekat dengan platform Android yang dikembangkannya, kepopulerannya dimulai pada tahun 2005 lalu saat Google mengakuisisi Android dan menjadikan Andy Rubin sebagai staff eksekutif yang mengepalai proyek pembuatan Android di Google Inc. saat itu.

Dan pagi ini kami mendapat kabar yang sedikit mengejutkan, Andy Rubin, diberitakan telah mundur dari Google. Andy dalam satu tahun terakhir ini mengepalai proyek divisi robot di Google termasuk perusahaan robot Boston Dynamics yang juga telah dibeli Google.

Menurut informasi yang ada, pria berkacamata yang memiliki senyum khas itu akan memulai usaha barunya dengan menjalankan startup di bidang hardware bersama teman-temannya. Ternyata dalam beberapa tahun terakhir ini Rubin telah membangun bisnis startup di Los Altos, California.

 

Info menarik: OPPO Resmi Umumkan Dua Smartphone Jagoan Baru, OPPO N3 dan OPPO R5

 

Sementara itu, divisi proyek pembuatan robot yang dipimpin Rubin kini diserahkan pada salah seorang rekannya di Google bernama James Kuffner. Dan sejak Rubin mengepalai proyek pembuatan robot di Google, divisi Android yang sebelumnya dipimpin Rubin telah diserahkan kepada Sundar Pichai.

Ternyata rumor mengenai hengkangnya Rubin dari Google pernah tersiar pada tahun 2012 lalu, Rubin pernah dikabarkan akan meninggalkan Google dan bersama teman-temannya akan memulai proyek inkubator bisnis yang bernama CloudCar, namun melalui akun Twitternya Rubin membantah rumor hengkang tersebut.

Walaupun dia sendiri mengakui bahwa ikubator bisnis CloudCar merupakan salah satu usaha yang didirikan bersama teman-temannya di Los Altos, California saat itu.

CEO Google, Larry Page telah mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Andy Rubin; “Saya berharap Andy akan sukses dengan apa yang dilakukan selanjutnya, Dan apa yang dibuat dengan Android telah membuat membuat banyak orang bahagia, terima kasih.” ujarnya.

Sumber: 1, 2 | Gambar Header: Wikipedia.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter