1. Startup

AC Ventures Dikabarkan Terlibat dalam Pendanaan Rp938 Miliar Produsen Susu Nabati Oatside

Oatside didirikan mantan CFO Kraft Heinz Indonesia, miliki pusat produksi di Kabupaten Bandung

AC Ventures dikabarkan berpartisipasi ke pendanaan seri B Oatside, yang merupakan produsen susu oat berbasis di Singapura. Menurut data yang dicatatkan ke regulator, seperti dikutip dari Alternative.pe, sejumlah investor telah terlebih dulu masuk ke putaran ini, di antaranya TR Capital, Tangram Asia Capital, Temasek, dan GGV Capital. Total dana yang diraih dalam putaran ini melebihi $60 juta atau sekitar Rp938 miliar dengan valuasi $650 juta.

Ketika dimintai keterangan, pihak AC Ventures menolak memberikan komentar terkait kabar ini.

Oatside didirikan tahun 2020 oleh Benedict Lim, mantan CFO Kraft Heinz Indonesia. Mereka mengklaim sebagai produsen susu oat penuh pertama di Asia. Produk susu oatnya, yang diproduksi di Kabupaten Bandung, menggunakan oat panggang asal Australia dan dirancang khusus untuk selera Asia dengan cita rasa malt yang khas.

Saat ini produk Oatside sudah dipasarkan di 18 negara, di antaranya Singapura, Indonesia, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Hong Kong, Filipina, dan India. Ekspansi pun terus digencarkan setelah sebelumnya perusahaan membukukan pendanaan seri A senilai $65,6 juta pada tahun 2022 lalu.

Nilai pasar untuk varian produk ini juga cukup besar di Asia-Pasifik, bahkan termasuk yang terbesar secara global. Menurut laporan Euromonitor International, Asia-Pasifik merupakan wilayah dengan kinerja terbaik untuk susu nabati, dengan penjualan mencapai $9,8 miliar pada tahun 2023.

Mengutip data DealStreetAsia, Oatside telah mendapati pertumbuhan bisnis signifikan dengan peningkatan 3x lipat pada tahun 2023 bernilai lebih dari $37 juta. Di sisi lain, kerugian perusahaan berkurang 59%, menjadi $1 juta.

Dengan permintaan yang terus bertambah dan pasar yang semakin luas, pada akhir tahun 2023 Oatside memperluas lini produknya dengan meluncurkan tiga varian es krim, serta varian susu oat Mocha dan Salted Caramel. Terbaru, Oatside merilis produk Chocolate Malt oat milk yang mengandalkan cita rasa malt khasnya. Produk ini awalnya tersedia di Singapura dan digambarkan sebagai “roti cokelat cair”.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again