27 April 2017

by Bambang Winarso

Tumbuh Lebih Cepat, Pengguna Aktif Instagram Sentuh 700 Juta

Mengalami peningkatan 100 juta pengguna hanya dalam waktu 4 bulan

Instagram tumbuh lebih cepat. Pada hari rabu waktu setempat, aplikasi berbagi foto kepunyaan Facebook itu mengungkapkan pencapaian terbaru jumlah pengguna aktif bulanan yang mencapai 700 juta, naik 100 juta pengguna sejak Desember 2016. Jika dikalkulasikan dengan seksama, ini adalah peningkatan paling signifikan karena dicapai hanya dalam empat bulan.

Kendati tak mengungkapkan detail lebih dalam, namun peningkatan jumlah pengguna aktif bulanan ini diyakini sebagai imbas dari hadirnya serangkaian fitur-fitur baru yang dijiplak dari Snapchat. Belum lama ini Instagram juga mengklaim peningkatan pengguna fitur Stories yang tembus angka 200 juta setiap harinya. Angka ini jauh lebih besar dari Stories asli kepunyaan Snapchat yang hanya punya jumlah pengguna harian sebanyak 158 juta.

Catatan mengesankan juga diraih Instagram dalam kategori bisnis beberapa waktu lalu, di mana pengiklan yang aktif menggunakan platform mereka menyentuh angka 1 juta orang. Artinya, peluang untuk memperoleh profit demi profit terbuka lebar.

Ini menjadi sebuah pencapaian istimewa bagi Facebook, di mana Instagram bisa jadi senjata terbaik mereka untuk menjegal Snapchat yang dianggap sebagai ancaman terbesar menyusul penolakan Snapchat atas pinangan mereka.

Sumber berita Instagram dan Recode.