1. Lifestyle

Penggunaan Perangkat Apple di Perusahaan Terus Meningkat

Berdasarkan survei yang dirilis Dimensional Research tercatat bahwa 35 persen perusahaan mengatakan produk Apple mewakili 25 persen lebih dari total perangkat komputasi dan mobilitas yang digunakan pekerja di kantor, menurut laporan ZDnet. Survei yang dilakukan terhadap lebih dari 300 pimpinan IT perusahaan ini juga mengungkapkan penetrasi penggunaan perangkat berbasis Apple di kalangan enterprise memiliki peningkatan dua kali lipat dalam tiga tahun terakhir dengan 20 persen dari bisnis yang ada mendukung lebih dari 1000 perangkat Apple.

Secara lengkap hasil survei tersebut menunjukkan 60 persen dari perusahaan responden mendukung lebih dari 100 perangkat Apple. Pada tahun 2011, 67 persen perusahaan mengatakan bahwa perangkat Apple jumlahnya kurang dari 10 persen dari total perangkat yang digunakan di perusahaan. Kini di tahun 2014, sebanyak 68 persen perusahaan mengatakan penggunaan perangkat Apple di perusahaan lebih dari 10 persen dari total perangkat yang ada.

Peningkatan ini bukan hanya karena tren merk saja, namun karena memang banyak didukung berbagai macam aplikasi produktivitas. Terbukti dari laporan terbaru dari Good Technology di kuartal pertama 2014, pangsa pasar app untuk sektor enterprise didominasi 93 persen oleh iOS. Mereka juga menyebutkan bahwa pertumbuhan custom enterprise app mencapai 77 persen selama kuartal ini, dibandingkan dengan kuartal sebelumnnya yang ada pada kisaran 55 persen.

Tren mobile productivity juga menjadi salah satu pemicu banyak diadopsinya perangkat mobile berbasis Apple. Dapat dilihat pada grafik diatas bahwa iPhone dan iPad menduduki urutan teratas dari daftar devices yang banyak digunakan. Seiring penjajakan bisnis menuju Internet of Things akses ke sumber daya produktifitas memang lebih dipermudah. Berbagai inovasi produk komunikasi dan kolaborasi begitu berkembang, dimana rata-rata produk tersebut didukung baik oleh perangkat Apple.

Sebut saja Microsoft Office, perangkat produktifitas andalan Microsoft ini sudah tersedia untuk perangkat mobile Apple, walaupun Microsoft sendiri juga telah mendesain perangkat pesaingnya, yaitu Surface 3. Fitur kolaborasi seperti yang ada pada Office 365 ataupun Slack juga didukung penuh oleh perangkat berbasis Apple.

Berbicara tentang perangkat adalah berbicara tentang kenyamanan. Memang bisa diakui, desain menarik serta kemudahan dalam penggunaan perangkat sangat diperhatikan Apple dalam menciptakan produknya. Diimbangi dengan performa yang maksimal. Namun ini bukanlah berarti sebuah kemenangan mutlak bagi Apple, pasalnya diluar sana pesaingnya, seperti Samsung, Microsoft, dan sebagainya masih terus berlomba-lomba memberikan solusi perangkat yang paling nyaman untuk konsumen enterprise.

 

[Ilustrasi: Shutterstock, Grafik: ZDNet]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DSenterprise dan ditulis oleh Randi Eka Yonida.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again