17 November 2012

by Andi Miftachul

Penjualan Windows 8 Dibawah Ekspektasi Microsoft

Sejak dirilis pada akhir Oktober lalu, penjualan Windows 8 ternyata dianggap mengecewakan oleh Microsoft. Jumlah sistem operasi yang telah terjual dianggap jauh dibawah angka perkiraan oleh Microsoft.

The Next Web menuliskan berita tersebut mengutip Paul Thurrott, dari sumber dari Microsoft yang tidak disebutkan namanya. Masih menurut Paul Thurrott, Microsoft menyalahkan vendor hardware untuk kinerja penjualan yang mengecewakan ini. Produk Windows 8 yang dikeluarkan oleh vendor, dianggap tidak mempunyai peningkatan spesifikasi hardware yang signifikan dibandingkan dengan produk yang sebelumnya telah ada.

Meskipun tidak mempunyai data yang pasti tentang penjualan Windows 8 sejauh ini, The Next Web mengajukan satu parameter lagi tentang buruknya penjualan Windows 8. Sejauh ini Microsoft juga tidak merilis berita apa pun untuk membanggakan jumlah Windows 8 yang terjual seperti saat mereka menyombongkan penjualan 4 juta copy Windows 8 dalam tiga hari. Artinya, penjualan Windows 8 memang tidak terlalu menggembirakan bagi Microsoft sendiri.

Salah satu faktor lain yang ditengarai menjadi penyebab buruknya penjualan Windows 8 ini adalah penurunan penjualan PC belakangan ini. Penjualan PC memang sedang menurun pada tahun ini dan bahkan diprediksikan tidak juga akan meningkat pada tahun depan.

Masih terlalu dini untuk mengambil kesimpulan bahwa Windows 8 ini merupakan produk gagal layaknya Windows Vista. Windows 8 baru dirilis beberapa minggu yang lalu. Awal yang buruk dalam penjualan bukan berarti Windows 8 tidak akan bisa meningkatkan penjualan dalam bulan-bulan mendatang. Banyak konsumen yang masih menunggu komentar tentang Windows 8 ini sebelum memutuskan untuk meng-upgrade sistem operasi mereka menjadi Windows 8.

Via : The Next Web.