Peran Penting Teknologi dalam Industri Kesehatan

Peran Penting Teknologi dalam Industri Kesehatan

Merevolusi industri kesehatan agar lebih fokus pada pasien dengan data dan analisis
Teknologi untuk menjadikan industri kesehatan lebih baik / Pixabay
Teknologi untuk menjadikan industri kesehatan lebih baik / Pixabay

Teknologi kesehatan mulai banyak didiskusikan. Terutama untuk penerapan teknologi big data dan analisisnya. Teknologi big data dan analisis membuat sektor kesehatan memasuki tahapan baru, secara signifikan penerapan teknologi ini mengubah model baru perawatan pasien yang berpegang pada data pasien, tepatnya berfokus pada pasien. Hal ini menjadi hal baru, sekaligus membawa tantangan dalam industri kesahatan, utamanya dalam berbagi dan pengelolaan data.

Klinik, tempat praktek, hingga rumah sakit mulai menggunakan teknologi untuk membantu pasien untuk mendapatkan pelayanan prima. Contoh teknologi yang terlibat adalah teknologi sederhana pencatatan digital hingga pengolahan data rekam medis lengkap dengan integrasi dan analisisnya.

Sama halnya dengan bisnis yang mulai menempatkan data sebagai aset penting, data pasien kini memasuki masa-masa krusial. Di era integrasi dan analisis menjadi penting, data pasien posisinya semakin krusial. Terutama untuk masalah kebocoran data atau privasi. Sesuatu yang menjadi hal paling mengancam untuk perkembangan teknologi di sektor kesehatan.

Titik rawan kebocoran tentu ada pada tahap integrasi. Integrasi ini perlu direncanakan dengan baik untuk menghindari data-data bocor. Terlebih jika menggunakan layanan cloud yang berarti harus memperhatikan dan mempertimbangkan layanan cloud yang tepercaya.

Integrasi data pasien menjadi hal penting yang coba dibangun industri kesehatan untuk bisa memastikan bagaimana pasien bisa mendapatkan pelayanan dengan data yang sama di mana pun mereka berobat atau berkonsultasi. Integrasi ini yang coba diperjuangkan tetapi juga harus tetap dalam perhitungan keamanan yang matang.

Di sisi lain, selain memutuskan untuk menempatkan strategi keamanan yang tepat untuk memastikan integrasi dan penggunaan teknologi di bidang kesehatan berjalan sesuai dengan yang diharapkan adalah dengan menempatkan orang-orang IT berkualitas yang paham, atau setidaknya mengenal industri kesehatan.

Para pegawai IT ini setidaknya bisa membantu proses pengelolaan teknologi seperti penyimpanan berbasis cloud, manajemen database, analisis sistem, data science, dan informasi kesehatan. Selain itu pegawai administrasi juga harus dilatih agar terampil dalam membaca, memahami data, dan mempresentasikan dari hasil analisis kepada dokter atau tenaga medis yang membutuhkan. Sebuah revolusi yang diharapkan mampu mengubah tatanan industri kesehatan ke arah yang lebih baik.


Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Feature
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…