StartupListicles

Perbedaan Emas Antam dan Pegadaian, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Simak keuntungan dan kerugian investasi emas di Antam dan Pegadaian, mulai dari harga emas hingga kemudahan bertransaksi.

Sebelum mulai investasi emas, ada baiknya kamu menimbang keuntungan produk emas yang akan kamu beli terlebih dahulu. Di Indonesia sendiri, ada banyak produsen emas, salah satunya yang dihasilkan oleh PT Aneka Tambang (Antam).

Selain produk emas, kamu juga harus memilih layanan investasi emas yang terbaik versi kamu. Antam sendiri merupakan salah satu yang menawarkan jasa untuk investasi emas. Tak hanya Antam, investasi emas sudah jauh berkembang seperti adanya layanan tabungan emas dari Pegadaian.

Lalu, bagaimana menentukannya? Simak perbedaan emas Antam dan Pegadaian ini sebagai pertimbanganmu memilih investasi emas terbaik.

Alasan Harga Emas Antam dan Pegadaian Berbeda

Harga emas hari ini, per 13 April 2022 adalah Rp 1.037.000 per gram, baik di Antam maupun di Pegadaian. Ini karena Pegadaian hanya memberi layanan investasi emas saja, bukan memproduksi emas. Pegadaian sendiri bekerja sama dengan Antam untuk menyediakan stok fisik emas.

Meski sama, harga emas beberapa kali berbeda di kedua layanan tersebut. Misalnya, harga emas di Pegadaian mengalami penguatan, sedangkan harga emas di Antam justru mengalami pelemahan. Hal ini disebabkan oleh:

Terdapat Margin

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Pegadaian adalah mitra bisnis Antam. Ibaratnya, Pegadaian menjadi penjual sekunder atau membeli emas dari Antam. Karena itulah, Pegadaian akan menjual barang sedikit lebih mahal untuk mendapat selisih keuntungan atau margin penjualan.

Biaya Administrasi

Selain harga jual, terdapat pengenaan biaya tambahan yang berbeda dari keduanya. Antam sendiri memberlakukan tipe keanggotaan. biaya administrasi investasi emas lebih murah jika dibanding investasi reksadana melalui aplikasi.

Sedangkan Pegadaian mengenakan biaya administrasi sesuai layanan yang dipilih, misalnya tabungan emas. Ini merupakan biaya yang dikeluarkan untuk membuka rekening tabungan emas di Pegadaian.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas Antam

Berikut keuntungan investasi emas di Antam.

  1. Harga emas lebih murah. Dibanding Pegadaian, tentu membeli emas di Antam akan lebih murah karena berkaitan langsung dengan unit bisnis produsennya.
  2. Terbukti legalitas dan kemurniannya. Emas Antam mendapat sertifikat London Bullion Market Association (LBMA) sehingga produknya diakui secara internasional. Setiap emas Antam juga mengandung kemurnian 99,99 atau 24 karat.

Terdapat pula kerugian investasi di Antam, di antaranya:

  1. Harus datang langsung untuk mendaftar. Untuk membeli emas atau membuka rekening nasabah, kamu harus datang langsung ke butik emas Antam di daerah tertentu. Saat ini, gerai Antam juga masih terbatas di kota-kota besar saja. Keberadaan aplikasi Brankas LM juga belum memungkinkan mendaftar secara online. Kamu masih harus mendaftar dengan prosedur yang sama untuk selanjutnya bertransaksi secara online.
  2. Terdapat kuota pembelian emas. Antam memberlakukan kuota pembelian emas di setiap butiknya untuk meminimalisir membludaknya pembeli.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas Pegadaian

Keuntungan investasi emas di Pegadaian di antaranya:

  1. Bisa menabung emas. Pegadaian memberikanmu opsi untuk menyicil emas mulai dari 0,1 gram saja.
  2. Memiliki banyak opsi emas fisik. Ini merupakan keuntungan sendiri sebagai layanan non-produsen emas karena Pegadaian menggandeng banyak produk emas fisik. Selain Antam, kamu juga bisa memilih produk emas dari UBS, Galeri24, dan Lotus Archi. Perbedaannya tentu dari segi harga, misalnya emas UBS per 13 April 2022 adalah Rp 1.010.000 per gram. Tentu saja produk emas yang kamu beli di Pegadaian, mau itu Antam, UBS, dan sejenisnya bisa dijual kembali ke Pegadaian 97% dari harga beli. Tinggal ikuti saja cara jual emas kembali oleh Pegadaian.
  3. Bebas kuota pembelian emas. Kamu bebas membeli emas kapanpun di Pegadaian tanpa adanya kuota pembelian.

Adapun kerugian investasi emas di Pegadaian adalah:

  1. Harga emas bisa lebih mahal. Karena Pegadaian memasok emas dari produsen, maka terdapat kemungkinan harga emas lebih mahal dari produsen.

Itu tadi perbedaan investasi emas Antam dan Pegadaian. Bagaimana menurutmu, mana yang lebih menguntungkan?

Sumber gambar header: Unsplash

***

Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again