1. DScovery

Perbedaan Worksheet dan Workbook: Pengertian, Cara dan Contohnya

Worksheet atau kertas kerja menjadi hal yang lumrah ditemui di dunia kampus dan pekerjaan, ini yang membedakannya dengan workbook

Excel adalah aplikasi untuk bekerja dengan data. Microsoft Excel digunakan untuk menghitung dan mengolah data khususnya dalam dunia kerja. Excel memiliki lembar kerja dan buku kerja untuk membuat rumus. Aplikasi Excel bekerja secara berbeda dari Word.

Word digunakan untuk memproses teks dan kata, dan Excel digunakan untuk memproses angka. Aplikasi Excel memiliki baris yang berbeda untuk bekerja dengan data numerik. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Worksheet

Worksheet atau kertas adalah selembar kertas dalam baris di Excel. Worksheet juga dikenal sebagai lembar kerja Excel, terdiri dari 256 kolom dan 65.536 baris. Lembar kerja ini digunakan untuk memasukkan data, membuat grafik, memasukkan rumus, dan membuat tabel. Worksheet merupakan bagian kecil dari buku kerja Excel.

More Coverage:

Cara Mematikan Fitur Protected View di Microsoft Office

Saat kamu membuka aplikasi Excel, kamu akan melihat nomor baris (Row) dan kolom (Column). Kolom dimulai dengan huruf A. Masing-masing sel ini berisi teks, rumus, dan angka. Worksheet dibagi lagi menjadi baris dan kolom, perpotongan baris dan kolom sebagai sel excel.

Perhatikan bahwa kolom dimulai dengan huruf A dan dilanjutkan dengan huruf lainnya. Kolom adalah bagian dari atas ke bawah.

Baris di Excel disebut juga dengan row dalam bahasa Inggris. Baris membentuk bagian dari lembar kerja yang membentang halaman secara horizontal. Baris diberi nomor 1, 2, 3, dan seterusnya.

Pengertian Workbook

More Coverage:

12 Aplikasi Office untuk Android yang Mendukung Word, Excel dan Powerpoint

Workbook adalah file Excel yang terdiri dari beberapa worksheet. Di Excel, workbook digambarkan sebagai buku dan worksheet adalah selembar kertas dari buku.

Setiap file Excel memiliki satu workbook, biasanya dengan ekstensi xlsx, xlsb, atau xlam. Workbook, juga dikenal sebagai buku kerja, dibagi menjadi lembaran yang lebih kecil (worksheet). Buku kerja terdiri dari berbagai jenis manajemen data dan beberapa lembar kerja.

Cara Mengunci Worksheet

Lembar kerja berisi data numerik yang penting bagi kamu. Jika pemrosesan data sudah benar, kamu dapat mengunci lembar kerja.

Berikut langkah untuk mengunci worksheet:

  • Pilih lembar kerja di buku kerja yang ingin kamu kunci
  • Klik menu Tools, klik Protection, dan pilih Protect Sheet.
  • Kemudian, dalam kotak dialog protect sheet, masukkan semua informasi yang diizinkan untuk lembar kerja. Kamu dapat menggunakan kata sandi (Password) untuk keamanan lembar kerja.
  • Kemudian klik OK. Anda dapat membuka kunci lembar kerja menggunakan kata sandi

Itulah penjelasan mengenai worksheet. Singkatnya, worksheet adalah bagian dari workbook dan tampilan muk. Workbook sendiri terdiri dari beberapa lembar kerja.

More Coverage:

Edit Dokumen Office Sekarang Bisa Langsung Lewat Gmail

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again