Batman: Arkham Knight Versi PC Ditangguhkan Karena Bug

Performa Game Bermasalah, Perilisan Batman: Arkham Knight Versi PC Ditangguhkan

Batman Arkham Knight Bug
Batman Arkham Knight Bug

Seharusnya minggu ini menjadi momen menyenangkan bagi mereka yang menanti Batman: Arkham Knight. Ia merupakan salah satu judul terbesar di 2015, dan impresi pers terhadap versi PlayStation 4-nya terbilang baik. Sayangnya entah bagaimana, Arkham Knight di PC ternyata sangat berantakan. Mayoritas gamer melaporkan bug dan buruknya performa permainan.

Kita tahu Xbox One dan PlayStation 4 memiliki teknologi berbasis PC. Sudah seharusnya penampilan permainan multiplatform di tiga sistem berjalan seimbang, dan untuk sekarang, PC unggul dalam hal hardware. Namun Batman: Arkham Knight ialah kasus spesial, bahkan di komputer berspesifikasi tinggi sekalipun game terasa membebani sistem. Ditambah lagi, varian PC malah tidak mempunyai fitur grafis seperti yang ada di PS4.

Melihat keluhan konsumen dan review buruk, Steam langsung bergegas menghilangkan Arkham Knight dari daftar permainan mereka. Retailer Green Man Gaming juga merespons dengan menjanjikan pengembalian uang penuh. Dan baru beberapa jam silam, publisher Warner Bros. Interactive Entertaiment dikabarkan mengambil langkah drastis. Mereka menangguhkan semua penjualan Batman: Arkham Knight di PC, edisi fisik maupun digital.

Info menarik: Kabarnya Sekuel Game Project CARS Sedang Digarap

Warner Bros. mengeluarkan pernyataan lewat forum resmi mereka:

“Kami minta maaf pada Anda yang tertimpa masalah performa dalam Batman: Arkham Knight di PC. Kami benar-benar menanggapi problem ini secara serius dan pada akhirnya memutuskan mengundur penjualan versi PC sembari mencari jalan keluarnya, supaya memenuhi standard kualitas. Kami sangat menghargai para konsumen, dan walaupun tahu sejumlah pemain sudah menikmati game tersebut di PC, kami ingin meningkatkan lagi pengalaman bermain secara menyeluruh.”

Selain itu, Warner Bros. juga mengucapkan terimakasih pada gamer yang telah berkenan memberikan umpan balik. Publisher menginformasikan bahwa kita dapat melakukan refund via Steam. Di platform distribusi digital tersebut, konsumen menulis lebih dari 5.900 ulasan negatif, dan terpantau hanya ada 2.800-an review positif.

Lalu fitur grafis apa yang hilang di varian PC Arkham Knight? Digital Foundry menemukan pemangkasan ambient occlusion dan SSAO. Depth of field juga rusak, kemudian lapisan transparan untuk hujan tidak ada. Parahnya lagi, frame rate Arkham Knight dibatasi di level 30 per detik.

AMD dan Nvidia belum lama melepas driver kartu grafis paling baru untuk membantu mendongkrak performa. Meski demikian, GPU paling high-end sekalipun tampak mati-matian menyajikan frame rate yang stabil.

Via Games Industry. Sumber: WB Games. Gambar: BatmanArkhamKnight.com.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Game
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…