Bisnis startup digital di Indonesia diprediksikan oleh lembaga riset CHGR akan bertumbuh 6,5 kali lipat di tahun 2020. Estimasinya akan ada 13.000 usaha rintisan yang berjalan di tahun terebut. Saat ini (masih menurut lembaga riset yang sama) angka bisnis startup di Indonesia telah mencapai 2.000 dan termasuk yang tertinggi di kawasan regional. Pertumbuhan ini didorong oleh banyak hal, mulai dari transformasi digital di publik, arus investasi, hingga dukungan pemerintah.

Transformasi digital di Indonesia sendiri trennya terus meningkat. Dari catatan IDC, tahun ini terjadi peningkatan 8,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Nilainya diperkirakan mencapai RP 214,4 triliun, dan industri startup (ditulis sebagai UMKM dalam riset) berkontribusi sekitar 13 persen dari nilai total. Transformasi hampir bisa dikatakan masif di semua lini bidang, lihat saja mulai dari pendidikan, finansial, ekonomi, kesehatan hingga pertanian sudah mulai tersentuh oleh penerapan teknologi terpadu.

Kendati bertumbuh di semua lini bidang, namun terpantau saat ini e-commerce dan online marketplace yang masih menguasai arus bisnis di industri startup teknologi. Seperti yang pernah dibahas pada laporan riset startup DailySocial tahun 2015. Kendati demikian layanan on-demand juga memiliki peminat yang luar biasa, namun begitu masih didominasi oleh pemain itu-itu saja. Dua kategori startup ini berkembang pesat lantaran jangkauan investasi yang lebih besar jika dibanding dengan kategori lain. Konsumen prospektif yang tinggi berhasil melambungkan kepercayaan diri.

Bombardir program kewirausahaan digital di Indonesia

Selain faktor transformasi dan iklim investasi yang terus meningkat, ada peran lain yang memberikan sumbangsih besar. Salah satunya program-program yang digalakkan pemerintah untuk sosialisasi pengembangan startup. Kibar yang didukung Kemenkominfo mengadakan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan Bekraf pun hadir dengan kegiatan Developer Day dan Bekup. Hal ini menjadi upaya untuk membudayakan semangat kewirausahaan digital di seluruh penjuru Indonesia.

Beberapa kebijakan pun terlihat diarahkan untuk mampu berelaborasi dengan pertumbuhan startup, TKDN contohnya. Aturan tersebut mengikat produsen ponsel -salah satu produk yang memiliki pangsa pasar besar di Indonesia- untuk melibatkan inovator di dalam negeri guna mengisi kelengkapan produk tersebut. Aturan terkait dengan pendanaan startup pun juga mulai masuk dalam ranah pembahasan di OJK. Harapannya terdapat banyak pengawasan dalam lalu lintas pendanaan yang ada

Startup Indonesia diyakini masih akan terus berkembang. Demand yang besar, ide kreatif yang terus digodok, dan semangat kewirausahaan yang luar biasa menjadi faktor pembakar matangnya bisnis tersebut. Harapannya semoga industri ini mampu menyumbangkan angka kesejahteraan menyeluruh, setidaknya dimulai dari kalangan millennial.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.