Categories

Berita

Perusahaan Investasi Jepang Itochu Corp Suntikkan US$50 Juta untuk Platform P2P Lending Danamas

Menguasai 30% kepemilikan saham Danamas, sisanya dikuasai Sinar Mas Multiartha

Marsya Nabila - 3 July 2017

Perusahaan investasi berbasis Jepang Itochu Corp siap mengumumkan investasi terbarunya untuk platform p2p lending Danamas (PT Pasar Dana Pinjaman/PDP) sebesar US$50 juta (atau senilai Rp666,4 miliar). Transaksi diperkirakan selesai sekitar Agustus mendatang, Itochu akan menguasai 30% kepemilikan saham Danamas.

“Selain memberikan suntikan dana, Itochu juga akan mendukung bisnis Danamas dengan transfer pengetahuan, sumber daya manusia, serta dukungan lainnya untuk membangun sistem teknologi informasi dan call center yang dibutuhkan perusahaan,” seperti dikutip dari Nikkei Asian Review.

Sebagai informasi, Danamas merupakan salah satu anak usaha dari konglomerasi Grup Sinar Mas di bawah bendera Sinar Mas Financial Services (PT Sinar Mas Multiartha Tbk/SMMA). SMMA menguasai seluruh kepemilikan saham Danamas. Danamas juga telah terdaftar di Kominfo dan OJK.

Sebelumnya, Danamas telah berdiri sejak 2000 dengan nama PT Komunindo Arga Digital kemudian berganti nama menjadi PT Pasar Dana Pinjaman.

Berdasarkan kinerja Danamas terkini, perusahaan telah merealisasikan pinjaman sebesar Rp165,22 miliar dengan di antaranya Rp145,97 miliar merupakan pinjaman luas. Adapun jumlah peminjam lunas sebanyak 24.227 aplikasi dan perusahaan telah menghimpun 1.296 pemodal terdaftar.

Model bisnis Danamas sama seperti platform p2p lending lainnya di Indonesia. Perusahaan memberikan pinjaman modal kerja mulai dari Rp1 juta dengan jangka waktu mulai dari 1 minggu sampai 1 tahun. Untuk pemberi pinjaman, investasi dimulai dari Rp500 ribu dengan imbal hasil yang ditawarkan hingga 30% per tahunnya.

Saat ini, seluruh proses bisnis Danamas baru bisa diakses lewat situs resminya. Dengan adanya suntikan dana ini, pihak Danamas menargetkan dapat meluncurkan aplikasi versi penuh pada tahun depan dan mengoperasikan seluruh proses bisnisnya secara penuh baik untuk pemberi pinjaman dan peminjam lewat aplikasi.

Sebelumnya, meski tidak memberikan suntikan dana, SMMA telah meresmikan kerja sama antara Bank Sinarmas dan platform p2p lending Modalku sebagai bank kustodian yang mengelola rekening penampungan selama proses peminjaman berlangsung.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter