Categories

Gadget

PhoneSoap XL Bebaskan Bermacam Gadget Anda dari Kuman dan Bakteri

Glenn Kaonang - 5 October 2015

Salah satu pelajaran SD yang selalu saya ingat adalah kuman dan bakteri selalu ada di mana-mana. Sekarang pun saya menyadari bahwa kuman dan bakteri juga hidup di semua gadget yang saya miliki, terutama smartphone dan tablet yang selalu menemani saya beraktivitas seharian.

Jumlah kuman dan bakteri otomatis akan bertambah banyak kalau saya punya kebiasaan membawa gadget ke dalam kamar mandi. Untungnya saya tidak, tapi saya tahu sebagian besar dari Anda punya kebiasaan seperti itu.

Sama seperti mencuci tangan, solusinya tentu saja adalah membilas smartphone dengan air dan sabun – well, dengan catatan smartphone Anda memang tahan air. Tapi kalau tidak, jangan sekali-sekali mencobanya. Alternatif yang bisa Anda coba mungkin adalah perangkat bernama PhoneSoap XL berikut.

Info menarik: Gemar Ber-Selfie? LG V10 Punya 2 Kamera Depan Plus ‘Layar Kedua’

Jangan bayangkan perangkat ini sebagai sebuah sabun yang Anda gosokkan ke smartphone. PhoneSoap XL dirancang sebagai sebuah lemari kecil untuk menyimpan sekaligus mensterilkan smartphone atau tablet Anda hanya dalam waktu 5 menit. Rahasinya terdapat pada 4 bohlam ultraviolet yang diusungnya.

Sinar UV yang dipancarkan sendiri tidak sembarangan, melainkan jenis UV-C yang memang mempunyai panjang gelombang yang ideal untuk membunuh kuman dan bakteri. Perangkat ini dijamin aman karena tidak melibatkan panas, cairan maupun zat kimia sama sekali. Selagi proses sterilisasi berjalan, tablet Anda juga bisa di-chargeviaport USB 2,4A milik PhoneSoap XL.

Selain smartphone dan tablet, PhoneSoap XL sejatinya juga bisa mensterilkan berbagai objek lainnya, seperti remote control sampai botol susu bayi sekalipun. Selama objek tersebut cukup dimasukkan ke dalam PhoneSoap XL, maka proses sterilisasi pun bisa dilangsungkan – volume biliknya berkisar 25,1 x 7,6 x 21,6 cm.

Info menarik: Sony Hadirkan Xperia M5 Aqua dan Xperia C5 Ultra ke Indonesia

Saya pribadi sebenarnya agak skeptis apakah PhoneSoap benar-benar bisa membunuh kuman dan bakteri. Namun sebuah eksperimen yang dilakukan tim Discovery Channel membuktikan bahwa PhoneSoap benar-benar bekerja sesuai klaim pengembangnya – videonya bisa Anda simak di situs PhoneSoap berikut.

Satu hal yang perlu diingat, kuman dan bakteri akan kembali hadir saat Anda menyentuh gadget dengan tangan yang belum dicuci, atau saat Anda bawa kembali ke dalam kamar mandi. Terlepas dari itu, PhoneSoap XL terbukti efektif dan bisa jadi pertimbangan kalau Anda peduli soal kebersihan dan kesehatan.

PhoneSoap XL saat ini sudah siap memasuki tahap produksi, tapi sebelumnya, mereka ingin terlebih dulu mengumpulkan dana di Kickstarter. Buat yang tertarik, perangkat ini bisa dipesan seharga $99 saja.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter