Categories

Gadget

Piring Ini Bisa Membantu Anda Mengatur Pola Makan yang Lebih Sehat

Glenn Kaonang - 5 May 2015

Begitu banyaknya aplikasi kesehatan di perangkat mobile tentu dapat mempermudah kita dalam mengatur pola makan yang lebih sehat. Umumnya, Anda hanya perlu memasukkan nama hidangan yang bakal Anda santap, lalu aplikasi tersebut akan mengambil informasi dari database-nya dan menampilkan jumlah kalori yang Anda konsumsi.

Dalam banyak kesempatan, cara ini terbukti cukup efektif. Akan tetapi faktor kepraktisannya masih membuahkan perdebatan, terutama mengingat Anda harus menginput setiap porsi makanan yang Anda lahap secara manual. Bagaimana jika ada alternatif lain yang dapat melakukan tugas input-menginput ini secara otomatis?

Sebuah startup bernama Fitly tampaknya punya solusi yang cukup menarik. Mereka baru saja meluncurkan piring pintar bernama SmartPlate melalui situs crowdfunding Kickstarter.

Info menarik: Ikea Concept Kitchen 2025 Berikan Gambaran Soal Perubahan Gaya Hidup dalam 10 Tahun ke Depan

Tidak seperti piring tradisional, SmartPlate memiliki tiga partisi yang berbeda. Di balik permukaan tiap partisinya telah tertanam sensor berat. Namun yang membuatnya begitu istimewa adalah tiga buah kamera kecil yang ditambatkan ke dinding sekat tiap partisi.

Gambar yang ditangkap kamera akan diolah oleh algoritma pengenal objek khusus untuk mengidentifikasi jenis makanan yang diletakkan di masing-masing partisi. SmartPlate kemudian akan menarik informasi dari databaseonline guna membuat kalkulasi kalori dan kandungan gizi lain dalam hidangan tersebut.

Pihak pengembangnya mengklaim tingkat akurasi algoritma SmartPlate hampir mencapai 100%, dan bahkan sanggup membedakan potongan roti gandum dengan roti tawar biasa. Selanjutnya, SmartPlate tidak cuma menampilkan informasi kalori pada layar kecil di bagian tengahnya saja, tetapi juga meneruskan semua informasi menuju aplikasi pendamping SmartPlate di perangkat Android atau iOS via Wi-Fi dan Bluetooth.

Info menarik: Grundig VUX Ingin Mengubah Cara Kita Mengoperasikan Perabot Dapur

Semua ini berlangsung dalam hitungan detik, dan bagian terbaiknya, Anda tidak perlu meng-input apa-apa secara manual. SmartPlate juga hadir bersama penutup khusus sehingga bisa Anda bawa bepergian sebagai bekal, lalu dihangatkan di dalam microwave.

SmartPlate saat ini masih belum memasuki tahap produksi. Pihak pengembangnya telah menargetkan pengumpulan dana sebesar $100 ribu di laman Kickstarter-nya. Buat yang tertarik, Anda bisa memesan SmartPlate dengan harga $99, $100 lebih murah ketimbang harga ritelnya – belum termasuk biaya pengiriman internasional.

Sumber: Kickstarter dan Popular Science.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter