1. Entrepreneur

10+ Rekomendasi Platform Kecerdasan Buatan (AI) untuk Membantu Bisnis Anda, Ada Apa Saja?

Platform kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dalam bisnis blog, bidang e-commerce, pemasar afiliasi, marketing agensi, dan bisnis lainnya

AI merupakan singkatan dari Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan yang menggabungkan ilmu komputer serta kumpulan data yang kuat untuk dapat melakukan pemecahan masalah. Hal ini juga mencakup sub-bidang pembelajaran mesin dan pembelajaran mendalam mengenai ilmu pengetahuan, yang sering disebutkan dengan kecerdasan buatan.

Sederhananya, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) ini merupakan simulasi kecerdasan manusia yang dimodelkan oleh mesin dan diprogram untuk berpikir seperti manusia. Kecerdasan buatan atau artificial intelligence banyak digunakan di berbagai bidang seperti industri, kedokteran, pendidikan, bisnis bahkan kehidupan sehari-hari.

Keterlibatan kecerdasan buatan (AI) dalam bisnis bukan hal yang tabu di era sekarang. Jika Anda seorang blogger, pengusaha e-commerce, pemasar afiliasi, agensi atau bisnis lainnya, pemanfaatan alat yang didukung AI boleh jadi pilihan bagi Anda. Dengan AI, Anda dapat menjalankan dan menyusun strategi yang efektif, memungkinkan Anda mencapai sasaran lebih cepat.

Rekomendasi Alat AI Terbaik untuk Bisnis Anda

AdCreative

Adcreative.ai adalah platform AI yang menghasilkan ratusan materi iklan hanya dalam hitungan detik. Materi iklan yang dihasilkan oleh AI memiliki skor yang memungkinan materi iklan tersebut berhasil dalam kampanye iklan Anda. Anda dapat menghasilkan materi iklan yang berfokus pada konversi dan materi iklan media sosial dalam hitungan detik menggunakan kecerdasan buatan. Materi iklan yang dibuat hanya dalam beberapa detik dapat menghemat waktu Anda dalam pengerjaan..

Cara kerjanya cukup Anda beri tahu kepada AI AdCreative mengenai target audiens Anda dan platform tempat Anda membuat iklan. Penggunaan AI ini cocok digunakan untuk bisnis pada.e-commerce stores, perusahaan startups, dan agensi marketing. 

ValidatorAI

ValidatorAI.com adalah alat validator bisnis menggunakan AI untuk pengusaha dan pemula dalam bisnis. AI ini memberikan feedback secara objektif dan kritik konstruktif tentang ide bisnis apapun. Pengusaha dapat memasukkan ide startup mereka ke validator dan akan menerima feedback secara otomatis. 

Pengusaha membutuhkan feedback secara solid, bahkan pada tahap awal yaitu ide. Validator AI diciptakan untuk dapat terlibat dengan Anda sepanjang perjalanan bisnis Anda dan untuk menawarkan bantuan mengenai ide bisnis dan hal lain yang berkaitan.

LogoAI

Logoai.com adalah pembuat logo berbasis AI yang merupakan alat desain logo yang didukung oleh kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin. LogoAI akan menggunakan AI generatif untuk membuat logo berdasarkan petunjuk tertentu yang diberikan padanya.

LogoAI menyediakan berbagai format logo dan memiliki pedoman merek termasuk semua warna dan font yang nanti akan memberikan estetika dan esensi dari logo brand Anda. LogoAI tidak memberikan logo berupa template, sehingga desain logo brand akan dibuat desain yang baru dan unik untuk setiap pelanggan.

JasperAI

Jasper.ai adalah alat tulis AI yang dirancang untuk menghasilkan salinan pemasaran, seperti posting blog, deskripsi produk, biografi perusahaan, salinan iklan, dan teks media sosial. Alat ini menawarkan ratusan template untuk dipilih, serta memiliki banyak format penulisan, seperti jika Anda ingin menulis postingan blog berformat panjang atau memerlukan respon yang sempurna untuk ulasan. 

JasperAI cocok untuk pemasaran/marketing, menawarkan keuntungan bagi perusahaan dengan berbagai format yang ditawarkan, seperti pembuatan teks dan gambar AI, integrasi dengan Grammarly dan ekstensi Chrome, memiliki rekaman riwayat revisi, berbagi dokumen, login multi-pengguna, pemeriksa plagiarisme, dan kustomisasi suara.

Flick

Flick.Tech adalah alat sosial media marketing yang bertujuan untuk merevolusi proses pembuatan konten media sosial. Dengan algoritma berbasis AI, platform ini memberdayakan pemasar/marketer, pemilik bisnis, dan pembuat konten untuk menghasilkan ide konten yang menarik dan orisinal dengan cepat dan mudah.

Alat ini menawarkan ide brainstorming untuk konsep konten yang berbeda, penulisan teks AI untuk membuat teks khusus, dan mengubah konten panjang menjadi hal yang mudah dicerna untuk konsumen. Flick juga unggul dalam penjadwalan posting dengan adanya pengaturan waktu posting. Terdapat pula fitur-fitur seperti Auto-Suggested Hashtags dan Hashtag Search & Manager, ini semakin membantu dalam pengelolaan konten dan peningkatan visibilitas yang efektif.

Brandwatch

Brandwatch adalah salah satu aplikasi untuk monitoring dan analitik media sosial yang memberikan wawasan tentang pelanggan dan bisnis di platform media sosial. Brandwatch menawarkan dua solusi utama dalam rangkaiannya: konsumen dan manajemen media sosial. Kedua ini dapat diterapkan untuk berbagai kasus penggunaan yang mencakup riset pasar, manajemen merek, pemasaran konten, manajemen krisis, dan influencer marketing.

Customer Intelligence (CI)-nya adalah solusi yang mengandalkan AI menghasilkan wawasan berkelanjutan yang akan membantu Anda memahami konsumen dengan lebih baik terhadap merek Anda dan disesuaikan dengan pasar saat ini. Hal mencakup pemahaman mendalam tentang bagaimana pelanggan memandang merek, produk, dan tren industri mereka. 

Pictory

Pictory adalah software pembuatan video berbasis cloud yang secara otomatis mengubah konten teks dan video bentuk panjang menjadi video pendek untuk berbagi di beragam media sosial menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI). 

Cara kerja Pictory, yaitu Anda mulai dengan menyediakan skrip atau artikel yang akan menjadi dasar konten video bisnis Anda. Misalnya, Pictory dapat mengubah postingan blog Anda menjadi video yang menarik untuk digunakan di media sosial atau situs web Anda. Ini adalah fitur canggih untuk blogger pribadi dan perusahaan yang ingin meningkatkan kualitas. Karena berbasis di cloud, ini dapat berfungsi di perangkat mana pun.

Pictory juga dapat mengedit video menggunakan teks dengan mudah dapat digunakan untuk keperluan webinar, podcast, rekaman Zoom, dan lainnya. Mudah digunakan dan hanya perlu hitungan menit Anda dapat mengembangkan audiens dan membangun merek Anda.

Tidio

Tidio adalah platform layanan pelanggan all-in-one yang meningkatkan dukungan dari pelanggan Anda dan membantu menghasilkan lebih banyak penjualan. Terdapat fitur live chat yang mudah diakses membuat bisnis Anda tersedia selama 24 jam, sementara chatbot menggunakan teknologi AI melibatkan pelanggan Anda secara real-time

Tidio menawarkan solusi bagi bisnis untuk menambahkan chatbot ke situs web mereka. Secara instan, Anda dapat mengobrol dengan pelanggan dan menyelesaikan masalah mereka secara real-time. AI juga dapat membuat rekomendasi produk berdasarkan perilaku mereka.

Tidio bekerja sangat baik dengan CRM, e-commerce, dan platform pemasaran email. Anda dapat dengan mudah mengintegrasikannya dengan Shopify, Messenger, WordPress, dan masih banyak lagi.

Craftly

Craftly merupakan asisten copywriter berbasis AI yang dapat digunakan dalam berbagai industri. Sebagai platform penulisan kecerdasan buatan berbasis web, CraftlyAI memanfaatkan pemrosesan bahasa secara alami dengan pembelajaran mesin untuk meneliti dan menulis konten asli. Buat konten berkinerja tinggi hanya dalam hitungan detik.

Jika Anda memerlukan salinan untuk semua materi pemasaran dan penjualan Anda, CraftlyAI dapat membantu membuat deskripsi produk di email, salinan web, iklan, posting media sosial, dan buletin. Menurut situs webnya, alat ini digunakan untuk copywriting oleh para kreatif di perusahaan seperti Forbes, Meta, dan GoDaddy.

NotionAI

NotionAI adalah alat AI untuk copywriting yang menghasilkan konten orisinal dan berkualitas tinggi. Ini mendukung penulisan, ide, pengeditan, dan peringkasan konten Anda.

Cara kerjanya sangat mudah, Anda cukup memberi perintah pada aplikasi, apa yang ingin Anda tulis dan tujuan di mana Anda akan menulisnya, seperti pada artikel blog, postingan media sosial, siaran pers, atau beri deskripsi pekerjaan, dan selebihnya NotionAI akan bekerja untuk Anda. 

Brand24

Brand24 adalah solusi pemantauan media sosial yang sederhana namun andal. Perusahaan menggunakan Brand24 untuk mengidentifikasi dan menganalisis percakapan online tentang merek, produk, dan pesaing mereka di seluruh web. Untuk bisnis apa pun, reputasi adalah segalanya. Dengan alat pemantauan media sosial berbasis AI, merek dapat melacak feedback positif dan negatif tentang perusahaan secara real time

Brand24 dapat menganalisis percakapan tentang merek, produk, dan pesaing dari seluruh web, mencakup situs berita, situs web, blog, forum diskusi, podcast, buletin, deskripsi video, dan berbagai sosial media. Data ini dapat digunakan di banyak bidang digital marketing dan beragam bisnis secara online.

Frase.io

Frase memiliki perpaduan sempurna antara penulisan AI, pembuatan konten, dan bahkan pengoptimalan artikel. Frase adalah software penulisan konten yang membantu mengidentifikasi dan mengkategorikan peluang konten berdasarkan hasil pencarian. Frase dapat membantu penulis meneliti, membuat, dan mengoptimalkan konten yang ramah SEO. 

Frase.io memungkinkan Anda membuat konten yang dioptimalkan untuk SEO dengan lebih baik dan lebih cepat. Setelah Anda memasukkan topik, Frase secara otomatis membandingkan dan mengambil data dari situs teratas dengan kata kunci yang sama. AI ini kemudian menghasilkan garis besar yang ramah SEO, sehingga Anda dapat menulis konten yang berperingkat lebih tinggi pada hasil pencarian.

Tableau

Tableau business science adalah analitik bertenaga AI yang menghadirkan kemampuan data science bagi pakar domain bisnis. Menggunakan AI, mesin berpengetahuan khusus, dan metode statistik lainnya untuk memecahkan masalah bisnis bagi sebagian besar pada bidang data science. Hal ini membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih percaya diri di seluruh lini bisnis mereka dan memperdalam pemahaman mereka tentang data mereka sendiri.

Tableau bekerja pada berbagai macam sumber data dan platform komputasi. Tableau dapat mengimpor data dari file (Excel Spreadsheet serta file CSV dan JSON). Dapat juga terhubung ke berbagai macam database (Redshift, Hadoop, MySQL, Access, Teradata, apa saja). Anda dapat menggabungkan tabel data di Tableau Desktop yang membuat gabungan SQL. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again