14 November 2016

by Bambang Winarso

Bos BlackBerry Amini Segera Rilis Ponsel dengan Keyboard Fisik

Smartphone dikonfirmasi bakal didatangkan dari Tiongkok atau India

Kabar soal kehadiran smartphone BlackBerry yang dilengkapi keyboard fisik sepertinya bukan isapan jempol. CEO BlackBerry, John Chen baru-baru ini mengamini sendiri rumor itu ketika hadir dalam sebuah wawancara televisi. Konfirmasi ini sekaligus mengobati rasa kecewa pengguna karena tak menjumpai desain ikonik tersebut di DTEK50 dan DTEK60.

Sayangnya Chen tak bersedia membeberkan lebih jauh soal smartphone terbarunya itu, bahkan tidak menyinggung soal desain candybar atau slider seperti halnya di Priv. Sementara di luar sana sejak lama berkembang rumor penggunaan desain klasik ketimbang mekanisme slider.

Tetapi Chen sudah mengonfirmasi bahwa pihaknya sedang dalam proses penjajakan dengan dua perusahaan untuk memproduksi ponsel tersebut. Belum ada penyebutan nama, tapi jika bukan dari Tiongkok, kemungkinan smartphone akan dirakit di India. Ponsel juga tidak akan diluncurkan di tahun ini, paling cepat di tahun 2017.

Sementara itu, jauh sebelum Chen buka mulut, BlackBerry telah sejak lama diberitakan sedang menggarap perangkat baru dengan kode Mercury yang terlihat tak begitu konsisten dengan perangkat berbekal keyboard fisik ini. Bocoran gambarnya bisa Anda lihat di bawah ini.

Perangkat dikatakan mempunyai layar selebar 4,5 inci full HD dengan dukungan layar sentuh. Jika BlackBerry benar-benar ingin mewujudkan ponsel yang dijanjikan, kemungkinan konfigurasi ini tidak akan dipakai. Kecuali soal prosesor octa-core dari Qualcomm, RAM 3GB, memori 32GB, kamera 13MP plus 8MP serta komponen baterai sebesar 3.400Ah.

Sumber berita Bloomberg dan gambar header ilustrasi Priv.