9 December 2013

by wiku

Ponsel Seri 'Murah' Samsung Akan dapatkan Android KitKat?

Beberapa merek ternama telah mengumumkan berbagai perangkat Android keluaran mereka yang akan mendapatkan update sistem operasi Android 4.4 atau KitKat. Samsung juga tidak ketinggalan, namun ada kabar terbaru yang menyebutkan bahwa dukungan atas updateakan termasuk juga perangkat 'murah' atau seri ponsel menengah - bawah.

Samsung sendiri telah mengumumkan beberapa perangkat yang akan mendapatkan KitKat, antara lain Galaxy Note 3, Galaxy Note 2, Galaxy S3 serta Galaxy S4 pada bulan Januari 2014. Jajaran perangkat ini adalah perangkat premium serta flagship mereka. Lalu bagaimana dengan perangkat yang ditujukan untuk pasar menengah - bawah? Bocoran yang beredar menyebutkan bahwa ada kemungkinan Samsung juga akan menyediakan update KitKat pada jajaran seri ponsel 'murah'.

Dari sebuah dokumen bisa dilihat beberapa perangkat yang direncanakan untuk mendapatkan KitKat. Perangkat tersebut antara lain adalah Galaxy S4 mini, Galaxy S3 mini, Galaxy S Advance, Galaxy Ace 3, Galaxy Core, Galaxy Fame, Galaxy Ace 2, dan Galaxy Fresh. Meski demikian belum ada keterangan resmi dari pihak Samsung, dan dari dokumen yang beredar ini juga baru sebatas rencana, jadi Samsung baru mempertimbangkan untuk menyediakan update KitKat pada perangkat yang disebutkan di atas.

Perangkat yang bisa mendapatkan KitKat antara lain harus memiliki RAM sebesar 512MB, namun demikian Samsung sendiri memiliki skin tersendiri untuk perangkat berbasis Android yang mereka rilis. Untuk itu kita harus melihat perkembangan lanjutan dan menunggu rilis resmi dari Samsung.

Saya kira, akan ada banyak pengguna Samsung yang akan berbahagia jika dukungan update ke Kitkat diperluas untuk berbagai perangkat Samsung. Semoga saja.

Sumber: Sammobile dan GSMarena.