Categories

Gadget

Usung Integrasi Alexa, Printer HP Tango Juga Dapat Menyamar Sebagai Buku

Sangat fungsional sekaligus dapat mempercantik ruangan

Glenn Kaonang - 28 September 2018

Februari lalu, HP meluncurkan integrasi voice assistant pada sejumlah printer-nya, dengan smart speaker sebagai perantaranya. Kala itu, HP juga bilang bahwa ke depannya mereka juga bakal merilis printer dengan integrasi voice assistant secara langsung. Niat mereka itu akhirnya sudah terealisasi dalam bentuk printer unik bernama HP Tango.

Yang terintegrasi adalah Alexa bikinan Amazon. Berhubung bisa dioperasikan dengan perintah suara, printer seharusnya sudah tidak perlu lagi diletakkan di atas meja kerja. Kalau perlu, letakkan saja di rak buku, dan di sinilah kita bisa menilai keunikan Tango.

Saat sedang tidak digunakan, wujudnya kelihatan seperti sebuah buku tebal berkat lapisan penutup berbahan fabric macam yang digunakan pada deretan speaker Amazon Echo generasi baru. Dalam posisi ini, perannya pun bertambah menjadi pelengkap dekorasi ruangan.

Terlepas dari itu, Tango tetap merupakan sebuah printer fungsional yang dapat dioperasikan sepenuhnya menggunakan smartphone, alias secara wireless dari mana saja ada koneksi internet. Sisa tinta bisa dilihat langsung dari aplikasi pendampingnya ini, lalu ketika printer selesai mencetak, pengguna juga bakal menerima notifikasinya dari sini.

Boleh dibilang, Tango adalah printer-nya generasi milenial (asalkan mereka masih punya rak buku dan belum bermigrasi sepenuhnya ke ekosistem ebook), atau bisa juga dianggap sebagai printer untuk era smart home. HP bakal segera memasarkannya seharga $149, atau $199 dengan cover penutup fabric-nya itu (dinamai Tango X) – kalau tidak punya rak buku, pilih varian yang standar tanpa cover saja.

Sumber: TechCrunch dan HP.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter