1. DScovery

Profesional Adalah: Pengertian, Etikanya, Ciri-ciri, dan Tips Mengembangkannya

Seperti apa sih etika profesional itu? Dan apa gunanya sikap profesional? Lihat artikel di bawah ini untuk pembahasan selengkapnya. 

Dalam kehidupan kerja, kata profesional cukup sering digunakan. Seseorang yang bekerja secara profesional dapat menangani dan mengatur urusannya secara efektif dan efisien. Umumnya, seorang profesional memiliki citra positif di mata atasan dan kerabat dekat.

Tapi apa sebenarnya artinya menjadi seorang profesional dan mengapa itu diperlukan dalam profesinya?

Pengertian Profesional

Profesional adalah seseorang yang memiliki keahlian, pengetahuan, dan keterampilan khusus dalam suatu bidang yang diakui oleh masyarakat dan diatur oleh organisasi atau lembaga yang kompeten. Profesional biasanya memiliki kewajiban etis dan standar kinerja yang tinggi dalam melakukan pekerjaannya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), profesional memiliki banyak arti. Profesional dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki kecerdasan khusus untuk melaksanakan tugasnya.

Selain itu, pekerja yang memenuhi syarat juga didefinisikan sebagai orang yang terlibat dalam profesi atau berkualitas. Profesionalisme pada hakekatnya merupakan sikap yang diakui oleh orang lain melalui kinerja yang baik.

Etika Profesional

Etika profesi adalah prinsip-prinsip perilaku profesional yang telah dikembangkan baik untuk tujuan praktis maupun spiritual. Etika profesi yang ditetapkan oleh organisasi profesi bagi para anggotanya yang secara sukarela tunduk pada prinsip-prinsip perilaku profesi.

Kode etik memiliki dampak yang signifikan terhadap reputasi profesi dan kepercayaan publik. Kode etik telah berkembang dari waktu ke waktu sebagai praktek telah berubah.

Beberapa kode etik profesional adalah tanggung jawab profesi, kepentingan umum, kejujuran, objektivitas, kompetensi, kerahasiaan, perilaku profesional dan standar teknis. Selain itu, seorang profesional memiliki tiga hal penting, yaitu:

Skill: harus ahli dalam bidang tertentu.

Knowledge: menguasai dan memahami ilmu-ilmu lain yang berhubungan dengan bidangnya.

Attitude: menerapkan etika dalam bidangnya.

Ciri-ciri Profesional

Menjadi seorang profesional memang tidak mudah, butuh kerja keras untuk membuat orang di sekitar kamu melihat kamu sebagai seorang profesional. Jadi apa kualitas seorang profesional? Berikut penjelasannya.

• Kompeten dalam dunia kerja

• Kredibilitas yang baik

• Selalu bertanggung jawab atas pekerjaannya

• Komunikatif dengan rekan kerja

• Memberikan layanan terbaik

• Memiliki integritas yang tinggi

• Berkonsentrasi pada hasil yang dicapai

• Dapat bekerja dengan baik dalam tim

• Penampilan yang baik dan standar etika

More Coverage:

• Terus belajar dari kesalahan yang dilakukan

Cara Mengembangkan Sikap Profesional

Siapa pun bisa menjadi profesional di tempat kerja. Jadi bagaimana caranya kamu mengembangkan sikap profesional? Lihat penjelasan di bawah ini.

1. Kerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk menyelesaikan tugas sehingga kamu dapat membuahkan hasil sesuai standar dan menyelesaikan tugas tepat waktu.

2. Berpakaian sopan dan profesional. Penampilan juga sangat penting dalam kehidupan profesional. Pastikan kamu memilih pakaian yang pantas dan sopan sesuai aturan perusahaan. Selain itu, selalu perhatikan kebersihan dan kesehatan diri.

3. Membangun komunikasi yang jelas, tegas dan sopan dengan karyawan dan manajer lainnya. Pastikan kamu menyampaikan pesan apa pun media yang kamu gunakan, seperti email, telepon, atau secara langsung.

Demikian pembahasan tentang profesional. Semoga artikel ini dapat membantu kamu menjadi profesional dalam dunia kerja.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again