1. Startup

Program Solusi Desa Broadband Terpadu 2016 Ajak Inovator Muda Atasi Masalah Desa Tertinggal

Proses submisi ide inovasi masih terus dibuka hingga 21 Mei 2016 mendatang

Permasalahan desa tertinggal masih menjadi isu yang terus diupayakan penyelesaiannya. Mengajak kawula muda untuk ikut turun tangan, Kemenkominfo menginisiasi program Solusi Desa Broadband Terpadu (SDBT). Mengadaptasi tren di lingkungan anak muda, program ini menekankan pada pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas dan taraf hidup masyarakat di desa tertinggal. Saat ini program SDBT sudah bergulir, sejak dibuka pada tanggal 15 April lalu oleh Menkominfo Rudiantara.

SDBT menantang para inovator muda untuk menghasilkan ide siap terap untuk memecahkan masalah di masyarakat desa tertinggal seputar mata pencaharian, akses layanan kesehatan, layanan keselamatan dan layanan keamanan. Yang menarik dari program ini, para inovator (termasuk di dalamnya pengembang solusi digital) akan diminta terjun langsung melakukan pendampingan supaya solusi yang dihadirkan benar-benar dapat digunakan secara tepat guna.

Para inovator muda yang berminat mengikuti program dapat mengawali langkah dengan melakukan submisi ide dalam bentuk video berdurasi tiga menit yang berisi gagasan pribadi. Nantinya, panitia akan memilih 50 ide terbaik untuk maju ke tahap selanjutnya dan akan disaring kembali menjadi 25 tim yang berhak mengikuti fase bootcamp. Di presentasi final, akan dipilih enam aplikasi dengan solusi terbaik. Formulir submisi ide akan ditutup pada 21 Mei 2016.

Saat ini akses menuju broadband sudah mulai bisa dirasakan oleh masyarakat di desa kategori 3T (tertinggal, terluar, dan terjauh) yang menjadi sasaran program SDBT. Dan yang akan menjadi studi penerapan ialah di desa dengan kategori desa nelayan, pedalaman dan pertanian. Tentu banyak sekali sektor riil yang dapat menjadi sasaran inovasi, sebut saja inovasi untuk meningkatkan mata pencaharian di desa nelayan. Pengembang dapat menghadirkan sebuah sistem yang mampu mempermudah para nelayan untuk menemukan pasar yang tepat (bernilai tinggi) untuk menjual hasil tangkapannya, dan lain sebagainya.

Kemajuan suatu bangsa tak akan pernah terlepas dari semangat gotong royong warganya. Terlebih generasi muda, yang memiliki semangat juang tinggi dan kompetensi untuk berinovasi menciptakan penyelesaian atas masalah yang dialami di negaranya. Mari kita bersama-sama mengupayakan kesejahteraan bangsa, memaksimalkan potensi dan infrastruktur yang sudah tersedia.

Submisikan segera ide terbaik Anda, dan jadilah pelopor kemajuan bangsa. Info lebih lanjut: http://solusi.broadband-desa.go.id/.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again