Categories

Gadget

Programmer Muda Berhasil Menginstal Windows 95 di Smartwatch Samsung

Yoga Wisesa - 7 October 2014

Kita kadang sulit membayangkan betapa pesatnya teknologi berkembang. Generasi muda kini mungkin tak akan tahu dari mana ikon-ikon save dan load sebenarnya berasal. Tapi tak semua sejarah teknologi klasik terlupakan begitu saja, seorang programmer muda berhasil memasang platform lawas Micrososft dalam sebuah wearable device Android Wear.

Dalam deskripsi videonya di YouTube, Corbin Davenport, programmer berusia 16 tahun mempertanyakan sebuah hal: "Apakah ilmu pengetahuan telah berkembang terlalu jauh?" Hasil karya Davenport hadir untuk Anda yang mendambakan smartwatch bersistem operasi Windows. Tapi masalahnya, OS tersebut adalah Windows 95, dirilis 19 tahun silam.

Walaupun terlihat tidak berguna, upaya sang programmer muda itu membuktikan beberapa hal. Pertama, melalui sedikit upaya, tidak ada hal yang tak mungkin. Bayangkan jika selanjutnya Windows XP dapat diinstal di perangkat mobile atau wearable berukuran mungil, berapa banyak app dan game klasik bisa kita nikmati dalam perjalanan.

Kedua, 'aksi' Corbin Davenport menunjukkan bahwa masih ada generasi muda yang berusaha mempelajari sejarah pertumbuhan teknologi, terlepas dari canggihnya berbagai macam perangkat pintar saat ini. Silakan saksikan bagaimana Windows 95 berjalan di perangkat Android Wear Samsung Gear Live dalam video di bawah.

 

Info menarik: Mari Jajal Technical Preview Microsoft Windows 10

 

Cursor mouse dapat dikontrol langsung dari layar sentuh, dan di sana, Davenport bisa membuka menu Start. Tapi dengan hardware yang hampir 20 tahun lebih canggih, eksperimen sang programmer dihadang masalah kompatibilitas. Windows 95 hanya membaca 4 megabyte RAM dari 512MB di smartwatch.

"Windows 95 tampak kehabisan RAM saat membuka aplikasi," tulis Davenport. "Saya tak bisa menambahkan RAM lebih banyak lagi karena port DOSbox [yang saya gunakan] ini tidak memiliki akses ke file config." Namun ia mengungkapkan kegembiraannya melihat platform tua mampu berjalan di perangkat next-gen. Melalui demo ini, kita dapat menyaksikan bagaimana teknologi hardware dan software berkembang sangat jauh.

Sebelum proyek Windows 95 ini, Corbin Davenport berhasil memasang Minecraft Pocket Edition di smartwatch Samsung Gear Live itu. Dari penjelasannya, ia tinggal menginstal APK secara manual ke arloji pintar tanpa perlu menambahkan modifikasi apa-apa. Selanjutnya, ia sukses menginstal game Doom di sana. Sangat mengagumkan. Kedua videonya bisa ditonton di sini.

Via Techradar.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter