24 January 2015

by Oki Rosgani

Prosesor Intel Terbaru Otaki Microsoft HoloLens?

Disela-ela ajang peluncuran Windows 10 beberapa hari lalu, Microsoft juga memperkenalkan perangkat berbentuk kacamata Virtual Reality bernama HoloLens. Perangkat aksesoris yang bisa digunakan untuk memaksimalkan fungsi Windows Holographic - fitur baru yang disematkan pada Windows 10 - itu merupakan kacamata Augmented Reality (AR) yang dapat digunakan baik oleh para hobbyst maupun profesional.

Seolah tidak mau ketingalan dan ingin ikut menikmati kue bisnis wearable, Microsoft telah merilis kacamata HoloLens dengan sentuhan yang sedikit berbeda jika dibanding dengan perangkat kacamata VR sejenis yang ada di pasaran saat ini.

HoloLens bekerja sebaliknya dengan perangkat kacamata VR besutan Oculus Rift misalnya, karena alih-alih membawa pengguna ke alam virtual, HoloLens justru memboyong tampilan maya ke dalam dunia nyata dan bukan sebaliknya, teknologi ini disebut sebagai Augmented Reality (AR).

Usut punya usut, sebuah informasi dari situs PCWorld mengatakan bahwa ternyata perangkat kacamata AR besutan Microsoft ini mengadopsi prosesor Intel terbaru yang memiliki kode nama Cherry Trail, yang belum tersedia di pasaran.

 

Info menarik: Mari Sulap Smartphone Jadi PC dan Console Game Dengan Andromium

 

Saat perkenalan produk kacamata AR-nya Microsoft tidak mengungkapkan secara detail mengenai hardware apa yang digunakan untuk mengusung aksesoris tersebut, pihak Microsoft hanya menyebutkan bahwa HoloLens ditenagai dengan CPU, modul grafis serta komponen hologram yang disebut sebagai Holographic Processing Unit (HPU). Nah, CPU dan GPU yang ada diperangkat ini dikabarkan menggunakan prosesor Cherry Trail.

Chipset dengan kode nama Cherry Trail yang disematkan pada perangkat HoloLens sejatinya merupakan versi selanjutnya dari chipset Bay Trail besutan Intel, namun memiliki dimensi lebih kecil sehingga mampu dibenamkan pada perangkat HoloLens. Chipset Cherry Trail ini juga memiliki performa lebih cepat dari Bay Trail dan mengusung arsitektur manufatur 14-nanometer terbaru.

Disebutkan juga olen PCWorld, sumber yang terpercaya mengungkap bahwa prosesor ini juga nantinya akan digunakan untuk mendukung kinerja tablet yang akan dirilis tahun ini.

Pihak Intel maupun Micrsoft belum merilis komentarnya terkait pemberitaan ini, jadi sepertinya kita masih harus menunggu kabar lanjutan untuk mengetahui detail jeroan perangkat yang menjadi primadona dalam acara rilis Windows 10 oleh Microsoft kemarin.

Sumber: PCWorld.