Categories

Gadget

Qualcomm Rilis Smartphone Snapdragon 810 Pertama Untuk Pengembang

Bambang Winarso - 25 November 2014

Qualcomm baru saja menelurkan komponen prosesor platform mobile baru, Snapdragon 810, yang diklaim merupakan seri termutakhir yang pernah ada.

Tak butuh waktu lama bagi Qualcomm untuk mengemas prosesor terbarunya ke dalam bentuk perangkat smartphone utuh yang baru-baru ini resmi dirilis dan sudah bisa dipesan oleh para pengembang.

Smartphone Snapdragon 810 untuk pengembang atau disebut Mobile Development Platform (MDP) ini bisa disebut sebagai produk sampel yang bukan diperuntukkan bagi pembeli umum. Banderol per unitnya saja di angka $800 per unit.

Daya tarik smartphone Snapdragon 810 MDP ini tentu terletak pada komponen prosesor terbarunya, Snapdragon 810 SoC yang menggunakan arsitektur 64-bit dengan delapan inti atau octa-core dengan pembagian empat inti ARM Cortex-A57s dan empat inti Cortex-A53. Chip teranyar ini menawarkan dua kelebihan, peningkatan performa dan efisiensi dari seri terakhir.

Prosesor ditopang oleh unit grafis Adreno 430 yang diklaim mempunyai kinerja 30% lebih baik dari grafis yang dibawa generasi Snapdragon 805, yakni Adreno 420. Kemudian komponen ini juga memanjakan pengguna dengan dukungan layar resolusi tinggi 4K.

Spesifikasi smartphone ini secara keseluruhan lumayan menggoda, layar yang dibawa berukuran besar 6,1 inci dengan resolusi 2560×1600 (490ppi). Kemudian memiliki bekal RAM 4GB, baterai 3020mAh, kamera utama 13MP dilengkapi dengan teknologi OIS dan dual flash. Tak ketinggalan kamera depan 4MP yang mampu merekam video 1080p 120fps.

 

Info Menarik: Inilah Game Dari Indonesia Yang Meramaikan Game Jam ‘Indies VS Pewdiepie’

 

Menariknya tersedia pula teknologi pemindari sidik jari di bagian belakang perangkat, teknologi QuickCharge 2.0 milik Qualcomm sendiri, kemudian port USB 3.0, micro HDMI dan mikrofon.

Selain perangkat smartphone, Qualcomm juga melepas tablet versi yang sama untuk pengembang dengan spesifikasi yang tak kalah gahar.

Tablet keluaran Qualcomm ini menyuguhkan komponen yang sama dengan varian smartphone, namun berbeda kemasan. Dibalut layar 10,1 inci dengan resolusi yang terbilang wow, yakni 3840×2160 UHD 4K. RAM 4GB, baterai 7560 mAH serta bekal kamera yang identik dengan varian smartphone.

Tablet Snapdragon 810 buatan Qualcomm ini ditawarkan kepada pengembang dengan banderol $999 per unitnya.

Meski tidak dirancang untuk pemakai akhir, dari dua sampel ini kita bisa memperoleh gambaran akan seperti apa perangkat buatan vendor-vendor perangkat yang nantinya memilih Snapdragon 810 sebagai amunisinya.

Sumber berita PhoneArena, Intrinsyc.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter