Silau bisnis e-commerce di Indonesia saat ini telah menggoda beberapa pihak untuk terjun dalam bisnis ini. Setelah korporasi yang mulai masuk ke ranah ini, pemerintah melalui PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) juga tengah menyiapkan solusi e-commerce. Perusahaan BUMN tersebut tengah merampungkan e-commerce untuk menjual produk perusahaan pelat merah secara keseluruhan.

Seperti diberitakan Merdeka, Direktur Utama RNI Didik Prasetyo menyampaikan e-commerce atau kegiatan jual beli online ke depannya akan menjadi salah satu lokomotif bisnis dari RNI. Untuk menyiapkan itu semua RNI tengah memantapkan infrastruktur untuk e-commerce tersebut.

“Kita masuk ke e-commerce karena ke depan produk itu beberapa tahun lagi akan priceless atau malah gratis. Kita bisa dapat untung dari klik itu,” terang Didik.

Didik menambahkan, nantinya ketika semuanya sudah siap e-commerce tersebut bisa diakses di PasarProdukBUMN.  Menurut keterangan Didik, saat ini situs tersebut sudah bisa diakses tetapi belum bisa melayani transaksi.

Dalam situs tersebut nantinya akan menjual semua produk dari perusahaan BUMN. Seperti Raja Gula dari RNI, tiket pesawat Garuda Indonesia, hingga Telkom.

“Jadi nanti pendapatan kita bisa dari penjualan Internet. Produk sendiri mungkin murah kita bisa untung dari per klik itu,” tegasnya.

pasarprodukbumn

Didik mengungkapkan, sebelumnya rencana peluncuran e-commerce ini akan dilakukan pada tanggal 24 Februari silam, tapi diundur.

“Tadinya mau launching 24 Februari kemarin tapi ada infrastruktur yang harus dimantapkan,” ujarnya.

Sebelumnya, Pos Indonesia juga menunjukkan ketertarikan atau boleh dibilang obsesi yang cukup besar untuk mendulang keuntungan di pasar e-commerce. Berkali-kali mereka meluncurkan produk e-commerce, meski tidak ada yang bertahan lama, dan kini tengah menyiapkan marketplace yang khusus menjual produk-produk UMKM.

Meski RNI dan Pos Indonesia merupakan perusahaan milik negara, mereka harus berjuang ekstra keras untuk mengenalkan produk mereka dan meyakinkan pengguna untuk bertransaksi di layanan e-commerce yang mereka miliki.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.