Categories

Event

Perjalanan Mewujudkan Solusi di Future City – The Virtual Smart City Hackathon

Seluruh rangkaian hackathon akan diadakan secara virtual.

Ilham Sanjaya - 21 July 2020

Berbagai upaya mulai dilakukan oleh banyak pihak untuk mengatasi tantangan-tantangan pasca COVID-19, termasuk melalui solusi-solusi baru yang dihadirkan oleh startup.  Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat agar tetap aman dan produktif dalam menghadapi situasi new normal. Salah satu cara untuk menciptakan solusi-solusi baru dalam menjawab tantangan pasca COVID-19 tersebut adalah dengan mengikuti acara Future City – The Smart City Hackathon, acara virtual hackathon yang diselenggarakan oleh Smart Change dan Jakarta Smart City, serta didukung oleh European Union.

Melalui hackathon ini, para peserta dapat menghadirkan solusi yang berkaitan dengan smart city yaitu Smart Governance, Smart People, Smart Living, Smart Mobility, Smart Economy, Smart Environment, dan Smart Branding. Selain itu, pemenang utama dari hackathon ini akan mendapatkan uang tunai sejumlah €1.500 dan kesempatan untuk berkolaborasi dengan Jakarta Smart City.

Peluang Berkontribusi Langsung Atasi Permasalahan Kota

Acara hackathon ini tidak hanya menghadirkan hadiah yang cukup besar, tetapi juga memberi kesempatan bagi para peserta untuk memberikan kontribusi nyata melalui solusi yang mereka hadirkan untuk menjawab berbagai tantangan pasca COVID-19.  Kontribusi ini dapat dilakukan lewat kolaborasi dengan Jakarta Smart City melalui solusi-solusi yang dihadirkan para peserta.

“Kegiatan ini merupakan peluang besar untuk berkontribusi memecahkan permasalahan perkotaan dengan ide, gagasan dalam upaya membangun kota cerdas. Percayalah, pengalaman luar biasa menanti Anda.” ujar Sir Hamdi, Head of Product Development & Research Jakarta Smart City.

Selain itu, menurut Head of Data Analytics Jakarta Smart City, Juan Kanggrawan, membangun kota dengan konsep smart city merupakan suatu hal yang kompleks dan penuh dengan tantangan. Ada banyak faktor dan aspek yang perlu dipertimbangkan dan saling mempengaruhi. Untuk itu, dibutuhkan banyak ide dan gagasan dalam bentuk solusi-solusi yang hadir melalui acara hackathon ini untuk membantu pengembangan dan penerapan smart city sekaligus menjawab berbagai tantangannya.

“Saya sangat mendorong dan sekaligus berharap, agar melalui acara ini, bisa lahir ide-ide dan solusi-solusi kreatif, integratif, dan sekaligus pragmatis yang bisa diterapkan dan memberikan dampak langsung bagi kota Jakarta.” ujar Juan.

Rangkaian Acara Future City Hackathon

Seluruh rangkaian kegiatan hackathon ini akan diselenggarakan secara virtual dari tanggal 14 Juli sampai dengan 29 Agustus 2020. Para calon peserta yang telah mendaftarkan diri akan dikurasi menjadi 100 startup terpilih, kemudian setelah rangkaian webinar akan terpilih 10 startup terbaik. Berikut linimasa rangkaian acara Future City – The Virtual Smart City Hackathon.

  • 14 – 4 Agustus 2020 – Registrasi Peserta
  • 27 Juli – 4 Agustus 2020 – Rangkaian webinar
  • 5 Agustus 2020 – Pengumuman 100 startup terpilih
  • 7 Agustus 2020 – Pengumuman 10 startup terbaik
  • 10-19 Agustus 2020 – Mentoring online
  • 20 Agustus 2020 – Presentasi final
  • 21 Agustus 2020 – Penjurian final
  • 22 – 27 Agustus 2020 – Online Voting solusi favorit publik
  • 28 Agustus 2020 – Pengumuman pemenang utama dan solusi favorit publik

Selain berkompetisi, acara hackathon ini juga memiliki rangkaian webinar yang dapat membantu para calon peserta untuk memiliki pemahaman lebih lanjut tentang smart city dan tantangan pasca COVID-19. Berikut rangkaian webinar yang akan diselenggarakan:

  • 27 Juli 2020 Citizen Reporting Apps – JAKI (Smart Governance)
  • 28 Juli 2020Increasing People Resilience in Adapting to COVID-19 Protocols Compliance (Smart People)
  • 29 Juli 2020Hygiene Living and Clean Water Accessibility (Smart Living)
  • 30 Juli 2020Air Quality Monitoring and Vulnerability to COVID19 Infectious Spread (Smart Environment)
  • 3 Agustus 2020The Rise of Digital Economy and potentials for new concepts such as Circular Economy and Social Solidarity Economy (Smart Economy)
  • 4 Agustus 2020Safe Mobility based on Social/Physical Distancing Protocols (Smart Mobility)

Rangkaian webinar ini juga terbuka untuk umum, silakan mendaftarkan diri di https://bit.ly/rsvpfuturecitywebinar

Peserta yang terpilih sebagai 10 Terbaik akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan mentoring untuk mengembangkan solusi yang mereka hadirkan. Selain itu, mereka juga akan saling berkompetisi untuk dapat terpilih sebagai pemenang utama atau favorit publik melalui sistem voting.

Tunggu apalagi, jika Anda yakin solusi yang dihadirkan oleh startup Anda dapat berkontribusi untuk menghadapi tantangan pasca COVID-19, serta dapat mengembangkan kehidupan perkotaan yang lebih baik melalui konsep smart city, jangan sia-siakan kesempatan untuk merebut hadiah serta berkolaborasi dengan Jakarta Smart City melalui acara hackathon ini.

Bila Anda tertarik, segera daftarkan tim Anda melalui google form pada link berikut ini. Pendaftaran Future City – The Virtual Smart City Hackathon ini hanya dibuka hingga 4 Agustus 2020.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi futurecity.jakarta.go.id

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter