1. Startup

Rayakan Satu Dekade, OLX Perbarui Aplikasi dan Lancarkan Monetisasi

Mengklaim telah memfasilitasi transaksi jual beli online Rp 16 triliun per bulannya

Di usia satu dekade, OLX Indonesia menghadirkan beberapa inovasi baru untuk pengguna setianya. Dalam sebuah kesempatan OLX Indonesia menyampaikan pemaparannya kepada media seputar prestasi yang telah diraih oleh OLX selama 10 tahun terakhir. Setiap bulan OLX Indonesia berhasil memfasilitasi lebih dari 1,4 juta transaksi dengan nilai Rp 16 triliun. Lebih dari 3 miliar halaman dikunjungi dan lebih dari 4 juta iklan dibuat oleh para penggunanya setiap bulan.

Memasuki usia ke-11, OLX meluncurkan versi aplikasi terbaru yang dinilai lebih menarik dan informatif. Selain itu OLX juga menghadirkan fitur promosi khusus untuk para penjual agar dapat membuat iklan mereka menjadi lebih menarik dan mendapatkan lebih banyak calon pembeli. Fitur promosi OLX ini juga didukung dengan fasilitas top-up saldo yang lebih banyak, mulai dari transfer ATM, internet banking hingga kartu kredit.

“OLX Indonesia saat ini sudah menjadi platform terpercaya layanan jual beli barang masyarakat Indonesia yang terbukti cepat, mudah dan tentunya terjamin kebenarannya. OLX ingin terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia lewat pertukaran yang saling menguntungkan,” kata CEO OLX Indonesia Daniel Tumiwa.

Jika di tahun sebelumnya OLX Indonesia belum melakukan monetisasi, maka di tahun 2016 OLX Indonesia berencana untuk melakukan monetisasi melalui pilihan OLX on Site Promotion.

“Dengan pilihan baru yang kami beri nama OLX on Site Promotion kami menawarkan para penjual untuk menampilkan produknya dengan pilihan seperti istimewa, latar kuning, sundul iklan dan top listing,” Kata CMO OLX Indonesia Edward Killian.

Pasar OLX dan OLX Property

Selain tampilan baru, di aplikasi khusus untuk platform Android, tahun 2016 ini secara rutin OLX juga akan menggelar Pasar OLX, acara offline yang dibuat khusus untuk mempertemukan penjual dengan pembeli. Nantinya di acara Pasar OLX ini semua penjual bisa mengikuti acara Pasar OLX yang diadakan oleh OLX Indonesia.

Acara seperti Pasar OLX ini diharapkan dapat mengedukasi pengguna lama dan baru agar bisa lebih rajin menjual barangnya di OLX dan tentunya menambah kepercayaan pengguna.

Selain itu pada pertengah tahun nanti OLX juga akan menghadirkan pilihan baru di situs serta aplikasi mobilenya, yaitu OLX Property.

“Hingga kini kami masih melakukan persiapan untuk segera meluncurkan OLX Property, bentuk dan konsepnya seperti apa tunggu saja informasi selanjutnya dari kami,” kata Edward.

Valuasi dan lanskap produk di marketplace OLX

Dalam kesempatan tersebut ada catatan menarik yang berhasil dirangkum oleh OLX, di antaranya adalah kecepatan waktu produk yang dijual di OLX tidak lebih dari 2 hari sudah laku terjual. Jika produk tersebut cukup popular dan dilengkapi dengan iklan yang lengkap dan menarik, tidak lebih dari dua hari sudah laku dibeli oleh pengguna.

Kemudian catatan menarik lainnya adalah terbukti produk motor merupakan produk paling favorit dan cepat dijual di OLX Indonesia. Sebanyak 250 ribu iklan motor yang ditampilkan di OLX Indonesia telah laku terjual dengan jumlah 434 ribu setiap bulannya. Sementara itu motor merk Honda merupakan brand paling banyak dicari dan terbukti laku dijual di OLX Indonesia.

Fakta menarik yang juga dibagikan oleh OLX Indonesia dalam kesempatan tersebut adalah, hingga tahun 2015 nilai transaksi untuk jual-beli mobil mencapai nilai Rp 10,6 triliun per bulan. Sebanyak 220 ribu mobil telah laku terjual dengan jumlah iklan sebanyak 430 ribu per bulan.

Bagaimana dengan bisnis properti? OLX mencatat sebanyak 270 ribu iklan setiap bulannya masuk ke OLX Indonesia, dengan jumlah 54 ribu properti yang berhasil dijual dalam jangka waktu 45 hari, rumah yang paling banyak di incar yaitu kawasan Jakarta Selatan.

Untuk produk popular lainnya yang banyak menuai keuntungan adalah smartphone, harga rata-rata smartphone yang ditawarkan melalui OLX adalah Rp 1,3 juta dengan nilai transaksi Rp 500 miliar per bulan. OLX mencatat smartphone yang paling cepat laku adalah platform Android.

Secara keseluruhan OLX menyimpulkan sebanyak 100 iklan baru muncul setiap menitnya dan sebanyak 4 juta iklan baru per bulannya. Semua dibuat dalam platform Android. Kecepatan penjualan barang membuat lebih dari 50% pengguna OLX selalu kembali setiap bulan dan mempercayakan barang lain untuk dijual di OLX.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again