Gadget

Susul Corsair, Razer Luncurkan Keyboard Mekanis Anti-Tumpahan Air

Mengusung sertifikasi IP54, lebih tinggi daripada kepunyaan Corsair

Keyboard yang tahan terhadap tumpahan air adalah tren terbaru di industri gaming peripheral. Satu per satu pabrikan ternama menghadirkan penawarannya masing-masing, mulai dari Corsair, SteelSeries sampai Razer. Namun jika switch mekanis adalah suatu keharusan, maka Corsair-lah satu-satunya pilihan Anda.

Tentu saja Razer tidak akan tinggal diam menanggapi fakta tersebut. Mereka baru saja memperkenalkan versi terbaru Razer BlackWidow Ultimate yang tahan air dan debu, dengan sertifikasi IP54. Rating ini lebih tinggi ketimbang yang ditawarkan Corsair K68 yang cuma IP32.

Kendati demikian, Razer sama sekali tidak menyarankan Anda mencelupkan keyboard ini ke dalam air. Perlu diingat, keyboard ini tahan terhadap guyuran cairan, bukan untuk direndam. Jadi selama Anda menggunakannya di atas meja dan tidak di dalam bathub, Anda tak perlu cemas apabila ada minuman yang tidak sengaja tersenggol dan 'memandikan' keyboard ini.

Sebagai bagian dari keluarga Blackwidow, masing-masing tombol pada keyboard ini mengemas switch mekanis, spesifiknya Razer Green Switch dengan actuation force 50 gram, dan klaim ketahanan hingga 80 juta klik.

Tidak seperti Blackwidow Chroma V2, Blackwidow Ultimate generasi terbaru ini tidak memiliki deretan tombol makro di samping kirinya, meski semua tombol masih bisa diprogram sesuai kebutuhan lewat software pendampingnya. Juga berbeda adalah sistem pencahayaan satu warna saja, namun pengguna masih bisa mengatur efek dinamisnya.

Razer Blackwidow Ultimate generasi terbaru saat ini sudah dipasarkan seharga $110. Saya tidak akan terkejut apabila SteelSeries juga menyusul dan meluncurkan keyboard mekanis tahan airnya tidak lama lagi.

Sumber: Razer.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter