1. Startup

Realtime Hot News Aggregator

Cloud informasi yang menyajikan begitu banyak konten, yang tidak hanya berguna bagi pencari informasi saja, tapi di sisi lain, perkembangan konten atau berita yang begitu masif juga memungkinkan para pengembang aplikasi web memunculkan berbagai aplikasi untuk membaca dan memilah konten-konten paling populer di web.

Ada berbagai aplikasi seperti Digg, Techmeme, Tweetmeme yang masing-masing mempunyai keunikan sendiri-sendiri dan punya cara-cara yang juga berbeda dalam mengkategorikan popularitas konten di web.

Kini hadir juga salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk memilah konten atau berita yang ada di web: Topicfire. Ada beberapa hal yang membedakan aplikasi ini dengan yang lain, adalah cara mereka menyeleksi konten popular, yaitu berdasarkan konten yang paling 'panas' yang ada di web. Seleksi ini dilakukan dengan sebuah sistem bernama HeatRank yang akan mengkategorikan konten dalam skala 1- 10 sehingga memudahkan anda untuk memilih berita atau konten apa yang ingin dibaca. Anda tinggal menggeser kursor untuk melihat konten apa yang paling hot pada skala 1 sampai 10.

Topicfire memposisikan sebagai realtime hot news aggregator dan dengan jelas membuat posisi yang berbeda dengan para real-time news agregator lain seperti Digg yang mendasarkan berita paling populer dari pilihan user, lalu Tweetmeme yang mendasarkan pada retweets untuk memilah mana berita yang paling popueler dan Techmeme yang mendasarkan pada link dan Google News yang mendasarkan pada clustering.

Ada banyak pilihan topik yang bisa anda tambahkan sendiri pada halaman home sehingga memudahkan anda untuk memilik konten atau berita. Topicfire juga mendasarkan proses login pada Facebook Connect sehingga anda bisa mengundang teman-teman anda untuk sama-sama menggunakan Topicfire dan jika anda berkomentar pada sebuah konten atau berita, anda bisa juga menambahkannya ke Facebook profile anda.

Desain yang simple mengingatkan saya pada social gear bernama Feedtrace yang pernah saya bahas beberapa hari yang lalu, tampilan desain yang hanya berfokus pada beberapa warna soft ini cukup membantu dalam membaca berita, tidak seperti Digg misalnya yang banyak elemen lain yang mungkin mengganggu dalam memilah konten atau berita.

Membaca berita berdasarkan apa yang populer memang belum menjadi trend di tingkat lokal, seperti juga membaca berita koran, user masih memilih untuk mencari dan memilah berita dari sumber aslinya secara langsung, meski beberapa aplikasi news agregator lokal juga sudah ada seperti Infogue. Penyedia berita atau konten real-time juga masih mengambil porsi yang besar, kantor berita online sampai versi cetak koran serta majalah masih menjadi tujuan utama para pembaca berita.

Tapi dengan semakin besarnya pengguna dan pemasok konten real-time, didukung juga dengan perkembangan Twitter dan perkembangan situs user generated content, seperti Kaskus yang penggunanya terus bertambah, pergeseran pola perilaku membaca konten real-time user akan segera terjadi. Dan sambil menunggu ini terjadi, mari kita lihat startup mana yang paling populer dibicarakan di web, karena yang membuat saya tertarik pada Topicfire, salah satunya adalah karena dalam halaman home default mereka, Topicfire memasukan topik startup dan web 2.0 dalam daftar topik. :)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again