1. Startup

Mengenal Rebricks, Sulap Sampah Plastik Sekali Pakai Jadi Bahan Bangunan

Disebutkan Rebricks telah mengolah 10 ribu kg sampah plastik menjadi paving block dari 17,5 ribu kg sampah yang diterima dari komunitas

Sampah plastik selalu jadi masalah utama dalam pencemaran lingkungan karena sifatnya yang tidak mudah terurai, proses pengolahannya menimbulkan toksit dan bersifat karsinogenik, dan butuh waktu sampai ratusan tahun bila terurai secara alami. Indonesia termasuk negara yang masih berusaha menyelesaikan masalah yang pelik ini.

Novita Tan dan Ovy Sabrina, dua sekawan yang peduli soal isu ini, memutuskan untuk merintis Rebricks, startup impact yang mendaur ulang sampah plastik sekali pakai menjadi bahan bangunan. Inisiasi ini dimulai pada 2018.

Solusi yang ditawarkan Rebricks berhasil memboyong sejumlah penghargaan, seperti Circular Innovation Jam 2020, Green Award 2022, ICLIF Leadership Energy Awards (ILEA) 2022, dan Tempo Circular Economy Award 2023. Produknya juga sudah lulus Combusting Test British Standard 476: Fire test in building material and structure, Uji Kuat Tekanan Kementerian Perindustrian dan dikategorikan dalam kriteria SNI kelas B yang cocok untuk pelataran parkir, jalur pejalan kaki, dan taman.

Perjalanan Rebricks

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again