1. Startup

Rekap Dailylicious Minggu Ini

Weekend telah tiba kembali dan ini adalah weekend pertama di bulan puasa. Sambil menemani puasa Anda, kembali hadir rekap dari berbagai informasi yang diterima redaksi DailySocial yang kami bagikan di Dailylicious serta tentunya di DailySocial.

Informasi pertama hadir dari layanan terbaru Google, Google+. Menurut sebuah situs yang mengklaim telah mengindeks Google+, dikatakan bahwa pengguna Google+ di Asia telah mencapai kisaran 600.000 pengguna, ketika artikel tersebut diterbitkan, Indonesia berada di posisi 4 dengan 4,55% atau 27.000 pengguna. Namun tentunya sekarang telah data telah berubah, Anda bisa melihat sendiri hasil data statistik di situsnya melalui tautan ini.

Selanjutnya ada berita dari Square, layanan pembayaran mobile yang dikembangkan didirikan oleh Jack Dorsey dan Jim McKelvey yang juga mengembangkan Twitter. Square baru saja mendapatkan pendanaan dan siap meluaskan pasar di luar U.S. pada tahun 2011. Saat ini telah ada $4 juta transaksi perhari, akses terbanyak dari iOS (69%) dengan iPhone sebesar 45%, kemudian Android 31%, ada labih dari 500.000 pembaca kartu yang beredar serta lebih dari $100 juta transaksi pada bulan Juli. Mereka juga telah memiliki aplikasi iPhone serta loyalty cards.

Kemudian ada informasi yang berkaitan dengan aplikasi untuk perangkat bergerak. Penyedia jasa taksi Blue Bird kini telah menyediakan aplikasi untuk pengguna BlackBerry, aplikasi ini bisa digunakan untuk membantu dalam mencari taksi ketika on the go, namun saat informasi ini diberitakan di Dailylicious, aplikasi tidak berjalan maksimal dan masih seperti aplikasi setengah jadi.

Berbicara tentang aplikasi ada beberapa berita di DailySocial yang berhubungan aplikasi, yang pertama adalah aplikasi Masak Apa dari Detikcom yang tersedia untuk pengguna BlackBerry, Android dan iPhone serta aplikasi iPhone buku resep. Kemudian juga ada M-Campus dan PhaseDev yang meluncurkan Spin-Off dari Wayang Force untuk Seputar Indonesia dan Mizan.

Masih tentang aplikasi, Chris Eidhof  pengembang aplikasi untuk iOS bercerita tentang alasan dia mengembangkan aplikasi untuk platform iOS, alasan pertama adalah high-end platform. Tautan untuk tulisan lengkap bisa dilihat di sini.

Masih tentang aplikasi mobile, kali ini ada Nick Farina, co-founder dari aplikasi Meridian dan Spotlight Mobile yang bercerita tentang pengembangan aplikasi Android dari Meridian. Tulisan ini cukup menarik karena sebelumnya Meridian adalah sebuah aplikasi iPhone dan Nick tidak menggunakan tools seperti Titanium namun membuatnya form scratch. Tautan untuk tulisan Nick bisa dilihat dari sini.

Sekarang kita beralih ke informasi yang berhubungan dengan layanan web, ada informasi yang datang dari layanan daily deals. Persaingan layanan ini semakin ketat, tidak hanya dari kemunculan berbagai layanan serupa, akuisisi oleh perusahaan global, namun dari strategi promosi juga, termasuk DealKeren yang berusaha untuk 'mengalahkan' layanan daily deals asal Jogja, MbakDiskon. Saat informasi ini dibagikan di Dailylicious, ketika Anda melakukan pencarian di Google dengan kata kunci "MbakDiskon" maka akan muncul iklan DealKeren dibagian atas dengan tampilan teks "MbakDiskon | Dealkeren.com", tautan iklan ini akan mengarahkan Anda pada situs DealKeren.

Melengkapi berita tentang layanan web, ada beberapa yang kami buat artikelnya di DailySocial, antara lain Bistip.com yang mengubah tampilan, Sribu.com yang merupakan media antara klien dan desainer, HijUp.com platform e-commerce untuk busana muslimah (hijup), Joborobo.com yang bisa digunakan untuk membantu perekrutan tenaga kerja, Sedapur dengan program baru mereka, JogjaHub sebuah yang merupakan database geek di Jogja, NgaturDuit yang bekerja sama dengan Detik dan terakhir MurahRek.com yang adalah layanan daily deals asal Surabaya.

Informasi selanjutnya hadir dari Push Pop Press yang diakuisisi oleh Facebook. Push Pop Press dikembangkan oleh Mike Matas. Mike pernah bekerja di The Omni Group yang juga mengembangkan beberapa aplikasi seperti OmniFocus, Omni Graffle dan Omni Outliner dan bekerja di Apple. Anda bisa membaca perjalanan singkat Mike Matas melalui tautan ini.

Terakhir ada artikel sangat menarik dari WSJ Blog yang berjudul "Nokia's losses are Finland's gains". Secara garis besar, artikel ini akan memberikan gambaran dari perkembangan teknologi di Finlandia, bagaimana Nokia ikut turut serta membangun ekosistem teknologi dan wirausaha di sana serta bagaimana pula penghentian bagian penting bagian pengembangan dan riset Nokia  justru memberikan sumber daya manusia -teknisi dan talent- untuk para startup. Finlandia kini lebih terbuka untuk entrepreneurship, bidang ini menjadi alternatif baru selain bekerja di perusahaan besar. Artikel yang sangat menarik ini bisa dilihat melalui tautan ini.

Tidak lupa kami juga memberitahukan beberapa artikel menarik di DailySocial yang belum disebutkan di atas, seperti Foursquare yang kini menyediakan fasilitas untuk pemilik bisnis berupa Pages, artikel menarik dari Rama tentang seluk beluk Fundraising, hasil pertemuan kami dengan Peter Pezaris, CEO Multiply, CEO Corner bersama Peter Vesterbacka, CEO Rovio, lalu tentang informasi dari nilai akuisisi Detikcom dan East Ventures yang mendirikan program akselerasi startups bernama EV Alpha.

Tidak lupa ada artikel guest post tentang mengembangkan budaya permintaan yang canggih serta user experience (UX) lalu beberapa informasi yang berkaitan dengan event, seperti Indonesia Bermain, SparxUp Awards 2011 serta Nokia Devstart Competition.

Silahkan menuju berbagai tautan di atas untuk informasi lebih lengkap dari masing-masing informasi, selamat membaca dan sampai jumpa di rekap minggu depan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again