RenovAsik Tawarkan Jasa Tukang dan Pembiayaan Renovasi Rumah

RenovAsik Tawarkan Jasa Tukang dan Pembiayaan Renovasi Rumah

Menggandeng institusi finansial untuk menyediakan pembayaran cicilan pelanggan
RenovAsik melayani layanan jasa pembangunan dan pembiayaan renovasi rumah
RenovAsik melayani layanan jasa pembangunan dan pembiayaan renovasi rumah

Persoalan ketersediaan jasa tukang untuk melakukan renovasi rumah atau bangunan, saat ini masih menjadi kendala yang banyak ditemui orang banyak. Melihat permasalahan tersebut, RenovAsik, startup yang menyediakan platform untuk melakukan renovasi rumah atau bangunan hingga pembiayaan, resmi meluncur di Jabodetabek.

Merupakan brand yang berdiri dibawah naungan dari PT Renovasi Indonesia Satu (RI 1), RenovAsik berdiri pada bulan Juli 2018. Startup yang baru berusia satu bulan ini, digawangi tiga pendiri yang memang sudah berkecimpung di bidang konstruksi bangunan. Mereka adalah, Fendy Hidayat (CEO), Ressa Ferdian (COO), dan Indra Setiawan (CMO).

Kepada DailySocial, CMO RenovAsik Indra Setiawan mengungkapkan, RenovAsik berupaya melakukan semua kegiatan terkait renovasi rumah atau bangunan, yang meliputi penghitungan anggaran bangunan, memilih bahan material yang berkualitas, membuat desain yang ideal, mencari tukang yang jujur dan berkualitas, serta masalah ketersediaan biaya renovasi sendiri yang terkadang menjadi penghalang utama untuk bisa melakukan renovasi rumah.

Cara kerja RenovAsik

Untuk menikmati layanan RenovAsik, pelanggan bisa mengakses situs RenovAsik dan melakukan simulasi budget. Harga yang muncul di simulasi hanya berupa estimasi saja dan belum final. Semua tergantung pelanggan, apakah ingin menggunakan bahan material kelas standar atau kelas premium.

Pada saat simulasi selesai dilakukan, pelanggan pun bisa langsung menentukan jadwal untuk visit atau kedatangan. Setelah survei biasanya akan terjadi negosiasi ulang mengenai perhitungan RAB (Rencana Anggaran Biaya) dan desain. Setelah terjadi kesepakatan, renovasi bisa langsung dikerjakan.

“Pada intinya kami menggabungkan konsep bisnis O2O (Online to Offline) dan juga sebaliknya, Offline to Online melalui platform RenovAsik,” kata Indra.

Saat ini RenovAsik mempunyai beberapa sumber pendapatan. Yang berkaitan dengan project dibagi menjadi 4 kategori, yaitu Jasa Pembangunan, Jasa Maintenance, Jasa Design, dan Jasa Renovasi. Per kategori tersebut di dalamnya masih ada rincian item pekerjaan lagi.

“Jika kami persingkat point utamanya yaitu kami mengambil profit gross margin hanya 7–10% saja dari nilai RAB apapun item jenis pekerjaan. Di samping dari pekerjaan project, RenovAsik juga mengambil profit dari program member get member yang kami terapkan, yaitu sebesar Rp30-35 ribu per anggota yang mendaftar,” kata Indra.

Saat ini RenovAsik telah memiliki sekitar 50 anggota yang bergabung dalam platform. Tugas mereka selain sebagai tim pemasaran, juga membantu pekerjaan RenovAsik sebagai freelancer, yang juga disebut “Sahabat RenovAsik”.

Berkolaborasi dengan institusi finansial

Layanan lain yang disediakan RenovAsik adalah menyediakan pembiayaan renovasi untuk pelanggan. Hal ini dilakukan melihat besarnya budget yang akan dikeluarkan, saat renovasi rumah atau bangunan dilakukan. Untuk itu RenovAsik menggandeng institusi finansial untuk membantu mencarikan nasabah kredit untuk renovasi.

Masih menjalankan bisnis secara bootstrapping, RenovAsik tengah mempersiapkan kegiatan penggalangan dana dalam waktu dekat. Sebelumnya marketplace yang menyasar serupa, Arsitag, di tahun 2016 sempat mendapatkan pendanaan awal dari East Ventures.

“Ke depannya kami menargetkan untuk bisa membuka lowongan kerja kepada minimal 1000 mandor (kepala tukang). Yang mana per satu orang mandor biasanya mempunyai 10 orang tukang di bawah arahannya. Artinya kami menargetkan minimal membuka lapangan kerja kepada 10 ribu orang sampai dengan dua tahun ke depan,” kata Indra.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…