11 May 2016

by Oki Rosgani

Resmi Dirilis, Smartphone Huawei Honor V8 Usung Kamera Ganda

Kendati hadir tanpa lensa Leica, smartphone ini tetap menarik lantaran mengusung spesifikasi yang cukup gahar dikelasnya

Sesuai dengan apa yang pernah kami kabarkan sebelumnya, tanggal 10 Mei kemarin, Huawei telah secara resmi merilis smartphone Honor V8 di Tiongkok.

Smartphone yang telah digadang-gadang menjadi smartphone jagoan baru ini menjadi begitu menarik lantaran ia juga mengusung kamera ganda (dual camera) di bagian belakangnya, sama seperti smartphoneHuawei P9 dan P9 Plus.

Namun sedikit berbeda dengan lensa kamera yang terdapat pada duo smartphone kamera P9 yang telah lebih dulu melenggang kepasaran, modul lensa yang disematkan pada smartphone Huawei Honor V8 ini tanpa embel-embel nama Leica. Baca juga: Huawei Gandeng Leica Demi Tingkatkan Kualitas Kamera Smartphone-nya.

Kendati demikian, kemampuan kamera milik smartphone Honor V8 ini tetap menarik lantaran ditopang oleh dua modul lensa berkemampuan 12 megapiksel yang masing-masing mengusung 6 elemen lensa dengan aperture f/2.2. Tidak hanya itu, di bagian sisi kamera juga terdapat dua buah lampu kilat LED serta sebuah sensor laser autofokus sebagai elemen pendukungnya.

Kamera depan dengan lensa 8 megapiksel dengan kemampuan aperture f/2/4 yang bisa digunakan untuk menangkap gambar dan video berkualitas 1080p juga melengkapi fitur kamera di smartphone ini.

Sedangkan untuk sisi dapur pacunya, smartphone ini dimotori oleh prosesor octa-core HiSilicon Kirin 950, prosesor ini merupakan gabungan dari 4 buah chipset Cortex-A72 dan 4 buah chipset Cortex-A53 racikan Huawei sendiri yang mampu digeber hingga kecepatan 2.3GHz.

Untuk proses pengoperasian sehari-harinya, smartphone Honor V8 telah ditopang oleh RAM sebesar 4 GB dengan media penyimpanan internal berkapasitas 32 GB, jika masih kurang, pihak Huawei telah menyediakan slot microSD yang bisa dijejali dengan kartu memory berkapasitas 128 GB.

Sementara untuk sumber catu dayanya, smartphone yang memiliki body berbahan metal berdimensi 157x77.6x7.75 mm serta bobot 170 gram ini ditenagai dengan baterai berkapasitas 3,500 mAh yang bisa diisi ulang melalui port USB Type-C.

Smartphone Huawei V8 hadir dengan penampang layar yang cukup lega, yakni berukuran 5,7 inci yang mampu menampilkan resolusi 1080 x 1920 pixels dengan kepadatan layar ~386 ppi. Kemampuan layar smartphone ini telah didukungan dengan modul grafis Mali-T880 MP4.

Selain memiliki dukungan koneksi LTE, Wi-Fi, Bluetooth 4.2 dan GPS, smartphone ini tersedia dalam sejumlah varian yang hadir dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), namun semua varian hadir dengan sensor pembaca sidik jari yang ditempatkan pada body bagian belakangnya sebagai salah satu fitur keamanan.

Di pasar Tiongkok, smartphone Honor V8 varian standar (tanpa dukungan fitur NFC) telah ditawarkan dengan harga CNY 2,299 atau setara dengan $350 sedangkan varian lainnya yang hadir dengan fitur NFC dan spesifikasi yang sedikit lebih tinggi telah ditawarkan dengan harga CNY 2,799 atau setara dengan $439 untuk tiap unitnya.

Huawei Honor V8 menampilkan antar muka Emotion UI racikan Huawei yang berjalan di atas sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Smartphone ini juga telah hadir dengan tiga varian warna casing metalik elegan yang bisa dipilih antara silver, gold dan rose gold.

Sumber: GSMArena | Gambar Header: Huawei Honor V8.