Categories

Gadget

Resmi Diumumkan, Inilah Detail Dari Update Sistem 5.0 di PlayStation 4

Sony turut menambahkan dukungan bahasa Indonesia.

Yoga Wisesa - 18 August 2017

Minggu lalu, bocoran dari Eurogamer mengungkapkan beragam fitur baru yang rencananya dibawa oleh update firmware 5.0 ke console PlayStation 4. Meski saat itu belum diketahui kapan akan dilepas, tersingkap banyak sekali pembaruan menarik: dari mulai perubahan pada sistem master/sub hingga kapabilitas streaming Twitch di resolusi full-HD dengan 60fps.

Bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun RI kemarin, Sony akhirnya mengumumkan dimulainya masa tes beta dari update ber-codename Nobunaga itu, sembari menjabarkan konten-kontennya secara resmi. Ini dia rinciannya:

 

Family on PSN

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Sony merombak sistem akun master/sub dan memperkenalkan Family on PlayStation Network. Sistem ini didesain untuk memudahkan setup akun PSN untuk anak-anak dan menyederhanakan parental control. Sebelumnya, parental control diterapkan pada semua user sub di console, termasuk orang dewasa. Nantinya, kustomisasi dapat dilakukan secara personal hingga ke pemilihan game.

 

Custom List

Di tab Favorite Group, Sony akan menambahkan Custom List, memungkinkan Anda menciptakan daftar dan mengedit teman-teman yang ada di sana. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pengelolaan dan mengakses grup tertentu. Contohnya adalah dengan membuat grup Destiny, mengundang teman-teman di sana untuk melakukan raid jadi lebih gampang.

 

Update pada fitur broadcast

Jika mempunyai komunitas, Anda bisa mengubungkannya ke broadcast. Komunitas dapat langsung melompat masuk ke laman Anda dengan menekan tombol di layar spektator Live from PlayStation. Sony juga menambahkan setting Display Message to Spectators serta Spectators’ Comments, mempersilakan penonton melontarkan komentar dalam mode VR. Selanjutnya, sang console maker memberikan kemampuan streaming Twitch di 1080p 60fps khusus pemilik PS4 Pro.

 

Pembaruan pada fungsi pesan

Rekan-rekan sesama gamer PS4 akan dapat saling berbagi lagu dengan message lewat Quick Menu. Lalu via perangkat mobile, mereka bisa langsung mengakses PS Messages melalui app Spotify.

Sony tak lupa membubuhkan opsi yang memperkenankan Anda menonaktifkan notifikasi pop-up (kini tersedia warna hitam sebagai alternatif dari putih) sewaktu sedang menonton di PS4. Lalu, Anda juga bisa keluar dari beberapa grup messaging dengan mudah.

 

Update quick menu

Melalui quick menu, Anda dapat mengakses progres download/instalasi hingga mengecek notifikasi secara simpel. Sony turut mencantumkan opsi Leave Party, dan Anda dapat melihat jam di pojok kanan atas.

 

Vitur virtual surround sound di PlayStation VR

PSVR kini siap menunjang headphone-headphone 5.1 dan 7.1 ketika konten Blu-ray dan DVD dinikmati dari Cinematic Mode.

 

Perbaikan pada bracket turnamen

Sony memanfaatkan desain bracket baru untuk menampilkan daftar peserta turnamen, baik Single Elimination ataupun Double Elimination.

 

Tambahan dukungan bahasa

Sony menambahkan opsi bahasa Republik Ceko, Yunani, Hungaria, Indonesia, Romania, Thailand dan Vietnam.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter