1. DScovery

Revolusi Industri: Sejarah, Dampak, Tokoh Penting dan Perkembangannya di Indonesia

Revolusi industri memberikan berbagai perubahan dalam kehidupan masyarakat dunia. Banyak manfaat yang dirasakan akibat munculnya revolusi industri, meskipun demikian selaras dengan progres maka akan selalu ada regres dalam perkembangan.

Revolusi adalah kegiatan yang mengubah tatanan sosial masyarakat dan negara dengan dampak luas dalam bidang ekonomi, sosial budaya dan politik. Revolusi sendiri merupakan perubahan yang terjadi dengan sangat cepat dan mengubah dasar-dasar kehidupan sosial masyarakat. 

Revolusi Industri pertama terjadi di Inggris, revolusi ini didukung oleh kekayaan bahan mentah industri yang dimiliki Inggris seperti, batu bara dan bijih besi. Revolusi industri memberikan dampak pada perkembangan masyarakat dunia sampai saat ini, untuk mengetahui lebih dalam berikut penjelasannya.

Sejarah Revolusi Industri

Revolusi industri adalah perubahan mekanisme pada produksi barang, fenomena ini ditandai dengan dua tanda:

  • Munculnya mekanisasi dalam proses pembuatan barang
  • Munculnya sistem perdagangan yang berorientasi liberal atau orientasi mencari pasar dalam sistem perdagangan.

Perkembangan revolusi industri pertama kali terjadi di Inggris melalui penemuan mesin uap sebagai sarana meringankan kerja manusia dengan sistem produksi dijalankan oleh gilda. Kondisi ini berdampak pada pengurangan jumlah tenaga kerja efektif pada sektor industri.

Dengan adanya revolusi industri mulai banyak berbagai kebijakan yang mengatur sistem produksi seperti, harga barang dan upah buruh menjadi lebih murah, ada juga pertentangan antara kaum borjuis dan proletar hingga kemunculan kapitalisme dan imperialisme.

Dampak Revolusi Industri:

Revolusi industri memberikan berbagai dampak dalam bidang ekonomi, sosial dan politik. Setiap perubahan yang terjadi tentu memiliki dua sifat utama, yaitu progres (kemajuan) maupun regres (kemunduran). Berikut beberapa dampak yang timbul akibat revolusi industri di berbagai bidang:

Bidang Ekonomi

  • Harga barang menjadi lebih murah
  • Upah yang diberikan pada buruh menurun
  • Industri menjadi berkembang dari industri padat karya menjadi industri padat modal
  • Adanya kemajuan dalam perdagangan dunia
  • Liberalisme dan Kapitalisme menjadi fenomena umum yang terjadi di bidang ekonomi
  • Munculnya pertentangan antara kaum borjuis dan kaum proletar

Bidang Sosial Budaya

  • Munculnya strata baru, yaitu kelas borjuis dan kelas proletar
  • Mulai munculnya kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin
  • Munculnya masalah sosial seperti, kemiskinan, pengangguran dan kriminalitas
  • Terjadinya revolusi sosial seperti, urbanisasi, upah buruh, penurunan kualitas hidup dan lainnya.

Bidang Politik

  • Inggris dan negara-negara Eropa mencoba memperluas wilayah kekuasaannya
  • Kemunculan imperialisme modern
  • Muncul persaingan perebutan jajahan antarnegara di Eropa hingga terjadi perang dunia

Tokoh Penting Revolusi Industri

Berbagai tokoh penting muncul selama revolusi industri berlangsung, tokoh yang disebut sebagai bapak Revolusi Industri adalah sang penemu mesin uap yaitu James Watt.

Berawal dari penemuan milik James Watt, maka mulai muncullah berbagai penemu lainnya yang juga menghasilkan pembaruan pada sistem industri. Berikut diantaranya adalah:

  1. John Kay sebagai penemu mesin tenun yang dinamakan sebagai flying shuttle pada tahun 1733
  2. James Hargreaves sebagai penemu mesin pemintal yang bernama spinning jenny pada tahun 1764
  3. Samuel Campton sebagai penemu mesin pemintal bertenaga keledai pada tahun 1779
  4. Richard Trevethick sebagai penemu lokomotif pertama pada tahun 1804
  5. George Stephenson sebagai penemu lokomotif uap pada tahun 1814
  6. John Macadam sebagai penemu cara pembuatan jalan raya pada tahun 1815
  7. Wilbur dan Orville Wright sebagai penemu pesawat terbang pada tahun 1903

Perkembangan Revolusi Industri di Indonesia

Revolusi Industri tentu mengalami perubahan setiap masa, bermula dari Revolusi Industri 1.0 hingga saat ini diprediksi memasuki Revolusi Industri 5.0.

Setiap negara merasakan dampak akibat revolusi industri termasuk Indonesia, revolusi industri memang memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat meskipun manusia juga saat ini saling berhadapan dengan revolusi 5.0 terbaru.

Revolusi Industri 5.0 diprediksi akan berpusat pada manusia dan teknologi atau saat ini disebut robot AI dengan kecerdasan yang dianggap mampu menggantikan peran manusia. Revolusi ini muncul akibat dari munculnya penemuan-penemuan baru yang lebih kreatif sehingga, masyarakat pun dipicu untuk semakin berkembang dan mengikuti arah perubahan zaman.

Berbagai sektor bisnis misalnya mulai menggantikan peran manusia dengan mesin, seperti minimarket tanpa karyawan, munculnya beragam kelas baru dengan AI, fitur informasi yang lebih canggih seperti Chat GPT, akun BOT dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri, perkembangan teknologi semakin meningkat pesan. Contoh kecilnya seperti mulai bermunculan sistem kerja berbasis work from home dengan mengandalkan teknologi untuk berinteraksi jarak jauh.

More Coverage:

Teknologi digital saat ini di Indonesia juga mulai banyak digunakan, setiap masyarakat berupaya untuk dapat saling melengkapi kemampuan mereka untuk mengikuti perkembangan zaman.

Berdasarkan informasi yang telah disampaikan pada penjelasan diatas, kita dapat memahami bahwa peran teknologi saat ini sangat mempengaruhi pola hidup manusia. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir bahwa manusia akan sepenuhnya tergantikan dengan teknologi.

Karena teknologi juga hadir jika terdapat pengguna di dalamnya, justru perkembangan ini bisa menjadi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk bisa lebih mengeksplorasi dan meningkatkan kemampuan baru melalui teknologi. Semoga informasi tersebut dapat membantu mu untuk memahami sejarah revolusi industri dengan baik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again