Categories

Gadget

Robot Printer Buatan Fuji Xerox Mampu Kirimkan Dokumen Langsung ke Tangan Anda

Yoga Wisesa - 1 September 2014

Ada beberapa masalah ketika satu unit printer digunakan beramai-ramai di kantor: dokumen mudah tertukar, Anda harus bolak-balik dari meja kerja ke lokasi printer, kemudian konten dokumen 'confidential' lebih mudah bocor. Lalu kira-kira apa metode terbaik demi menjaga kerahasiaan dan produktivitas tanpa harus menyewa sekretaris atau asisten pribadi?

Fuji Xerox menawarkan sebuah alternatif unik, mereka mengembangkan prototype printer robot yang bukan hanya mampu mencetak dokumen, tapi juga mengirimkannya langsung ke tangan Anda. Layaknya sebuah robot, ia didesain untuk melakukan tugas utamanya serta dilengkapi sensor navigasi ruang kerja demi mengirimkan file secara akurat ke orang yang bersangkutan.

Fuji Xerox memamerkan kemampuan robot printer mereka dalam demonstrasi yang dilangsungkan di gedung di area Aoyama, Minato, dekat Tokyo. Perintah mencetak dokumen dilakukan via browser internet. Tiap tester duduk di meja kerja dan diberikan smart card berisi kode URL. Kemudian saat URL diakses via browser dan file dipindahkan (dengan cara drag-and-drop) ke window, perintah mencetak dokumen dikirimkan ke robot.

 

Info menarik: Berbekal iPad, Buah Hati Anda Dapat Berkreasi dengan Printer 3D Printeer

 

Setelah itu, sang robot langsung bergerak ke meja sang pengguna sambil melakukan proses cetak dan berhenti tepat di sebelahnya. Dokumen baru akan diberikan setelah Anda menempelkan smart card ke robot printer. Artinya kertas tidak akan keluar saat robot bergerak, sehingga dokumen tidak tercecer dan konten rahasia tetap terjaga.

Fuji Xerox membenamkan printer berjenis laser dengan ukuran kertas hingga A4. Ia juga merupakan printer terkecil yang dirancang oleh sang produsen. Di bagian atasnya terdapat komputer tablet dan di sanalah pengguna tinggal menekan tombol 'start moving' untuk memerintahkan robot kembali ke posisi semula setelah tugasnya selesai.

 

Info menarik: Tim Universitas Harvard Berhasil Membuat Robot Origami Pertama di Dunia

 

Sebagai sistem pergerakan, robot printer besutan Fuji Xerox memanfaatkan rangkaian sensor 'Lidar'. Berbeda dengan teknologi radar biasa dengan gelombang radio, Lidar menggunakan laser untuk mengukur bentuk tiga dimensi objek-objek di sekitarnya. Alhasil, ia dapat membaca ruang secara detail dalam jangkauan puluhan meter serta otomatis membuat peta tiga dimensi ruang kantor Anda.

Ia bisa mengetahui posisinya sendiri setelah pengguna memindahkan robot printer secara manual. Lalu ketika sang robot mendeteksi objek yang tidak ada di peta, ia menganggapnya sebagai manusia dan memilih rute lain agar tidak menabraknya. Hebatnya lagi, hasil karya Fuji Xerox tersebut memiliki baterai berkapasitas tinggi, membuatnya bebas kabel dan dapat bertahan satu hari penuh.

Kecanggihan sang robot memang sangat unik dan mengagumkan dari sisi teknologi, tapi beberapa analis berargumen bahwa ia bukanlah solusi termudah dan termurah dibanding metode secure printing lain. Karena masih berupa prototype, sama sekali belum ada kabar tentang harga dan kapan ia dijual serta ketersediaannya secara global.

Via: Ubergizmo. Sumber: Nikkeibp.co.jp.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter