13 June 2014

by Yoga Wisesa

Roccat Sova, Keyboard PC yang Sempurna Untuk Bermain Game di Atas Sofa

Walaupun bisa dibilang merupakan instrumen kontrol paling fleksibel dan intuitif, keyboard memiliki satu kelemahan terbesar: ia hanya bisa digunakan di atas meja, di depan layar komputer. Keyboard berubah jadi merepotkan ketika Anda mengakses PC menggunakan TV layar lebar saat ingin bermain game atau menonton film di ruang keluarga.

Argumen inilah yang biasanya digunakan oleh produsen periferal untuk menciptakan gamepad dengan berbagai model. Dengan keterbatasan desain ini, game kompetitif - seperti Dota 2 hingga StarCraft II - sangat jarang dimainkan dari kursi sofa. Hampir tidak gamer profesional yang melakukannya. Dengan alasan itulah perusahaan periferal asal Jerman, Roccat, mengenalkan Sova.

Sova adalah keyboard modular wireless sekaligus mousepad. Ia mengkombinasi sistem keyboard mekanik dengan bagian mousepad yang bisa direntangkan dan ukuran yang bisa disesuaikan. Roccat Sova didesain dari awal agar bisa diletakkan di atas pangkuan, memungkinkan Anda bermain game PC sambil duduk di sofa dengan nyaman seperti saat duduk di depan meja komputer. Mungkin dari sini juga nama Sova berasal.

 

Info menarik: Sentry Ialah Periferal Pembaca Gerakan Mata Buatan SteelSeries

 

Roccat menjelaskan bagaimana mereka telah menyiapkan bantalan empuk untuk paha di bagian bawahnya. Kemudian sang produsen Jerman ini juga menawarkan bagian palm rest yang ergonomix. "Sehingga bermain game selama tiga jam sama menyenangkan dan nyaman seperti saat menikmati permainan selama lima belas menit," ungkap Roccat.

Kemudian, Roccat mengklaim bahwa Sova dapat terintegrasi ke perangkat pintar dan juga periferal serta aksesori game lain. Untuk mendukung kegiatan ber-gaming dalam waktu lama, Sova dibekali baterai yang juga tahan lama - walaupun dalam press release yang saya dapatkan, Roccat belum menjelaskan seberapa besar kapasitasnya.

Sang CEO Roccat, René Korte, mengungkapkan, "Bisa dipastikan, Sova adalah salah satu perangkat gaming yang tangguh. Dalam membangunnya, kami memulai dari pemilihan bahan baku aluminium berkualitas tinggi hasil proses mesin, dan membuat Sova dari sana. Kami benar-benar ingin membuat Sova terasa sangat kokoh dan premium di tangan gamer."

 

Info menarik: Type–Hover–Swipe, Keyboard Eksperimen dengan Motion Sensor dari Microsoft

 

Dengan diumumkannya Sova, Roccat seakan-akan memberi anggukan pada invasi PC ke ruang keluarga, seperti yang dilakukan Valve dengan proyek Steam Machines mereka. Sebelum Sova diumumkan, hanya periferal sejenis gamepad saja yang paling pas sebagai alat gaming di depan TV. Bahkan Valve masih terus berusaha menyempurnakan Steam Controller agar mendukung segala jenis genre game yang ada di PC.

"Kami percaya bahwa platform seperti Steam Machines sangat fantastis, dan kami ingin semua orang dapat mengaksesnya. Adalah tugas kita sebagai gamer untuk memastikan pemain dari semua latar belakang memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati inovasi ini. Sova memungkinkan gamer untuk memainkan permainan PC yang mereka cintai dimana saja," lanjut Korte.

Roccat Sova baru hadir dalam bentuk prototype yang dipamerkan dalam ajang Electronic Entertainment Expo 2014. Roccat masih mengumpulkan masukan serta terus menyempurnakan desain Sova sebelum ia siap dipasarkan. Anda bisa menyimak video pengenalannya di bawah ini.

Gambar header: PC Gamer.