18 February 2014

by Yoga Wisesa

[Rumor] 20 Prosesor Intel Haswell Baru Mendarat Bulan April

Semenjak kuartal ketiga 2013 hingga awal 2014, AMD menggunakan momentum peluncuran next-gen console untuk mengenalkan berbagai macam proyek seperti Mantle, HSA hingga berbagai produk APU baru. Di saat yang sama kita bertanya-tanya, mengapa sang kubu biru terdengar begitu hening?

Tidak sedikit orang yang berasumsi bahwa Intel mengurangi fokus mereka pada prosesor desktop dan berkonsetrasi pada prosesor perangkat mobile dan notebook. Namun harapan tidak pupus begitu saja.

Anda pasti ingat bahwa Intel meluncurkan keluarga Haswell dengan proses fabrikasi 22nm di bulan Juni tahun lalu. Berita terbaru menyebutkan bahwa mereka akan meng-update seri ini dengan 20 prosesor anyar, baik untuk desktop maupun notebook bulan April besok.

 

Info menarik: Sony Sirius Akan Mendarat Pertama Kali di Indonesia?

 

Ada dampak positif dan negatif jika memang benar Intel mengambil langkah ini. Beberapa produsen khawatir bahwa peluncuran varian-varian Haswell baru tersebut di awal tahun akan mengganggu rencana mereka untuk menjual habis inventori lama dan memperbaruinya dengan model anyar di kuartal kedua.

Salah satu produsen asal Taiwan yang berencana untuk meluncurkan chipset seri 9 mengeluhkan mereka tidak bisa memulai pengembangan motherboard berbasis Haswell baru hingga memasuki bulan April nanti.

Namun dengan begitu, langkah ini dapat membantu Intel dalam dua hal. Yang pertama, mereka akan medapatkan lebih banyak waktu untuk menjual produk-produk CPU andalan, sembari memperkenalkan konsumen pada produk yang lebih hemat tenaga di bawah nama yang sama. Contohnya, CPU 4775 digantikan dengan 4770.

Dan yang kedua adalah, Haswell baru ini juga memberikan Intel momentum dan 'penyangga' yang mereka butuhkan karena keterlambatan seri Broadwell yang dinanti-nanti. Chip Broadwell dibuat melalui proses fabrikasi yang jauh lebih kecil, hanya 14 nanometer dan rencananya baru dirilis di akhir tahun.

 

Info menarik: Nokia X (Normandy) ‘Sudah Hadir’ di India?

 

 

Peluncuran mereka ditunda karena Intel melaporkan adanya cacat produksi pada jajaran semikonduktor di bulan Oktober lalu. Jadi perilisan di Q4 2013 diundur ke Q4 2014.

Anda tidak usah mengambil pusing jika masih menggunakan varian Intel Haswell atau bahkan Ivy Bridge, kita bisa berasumsi upgrade kemampuan yang tersaji dalam Haswell baru ini tidak seradikal saat mereka benar-benar mengumumkan 'keluarga' baru. Tapi uniknya, 20 tipe prosesor baru bukanlah jumlah yang sedikit untuk produk yang akan segera digantikan kurang lebih sembilan bulan lagi.

Tapi apakah Haswell baru ini cocok untuk mereka yang belum pernah mengganti prosesor PC-nya semenjak 2009 hingga 2010? Cukup sulit menjawab pertanyaan ini, karena mungkin Haswell baru ini akan ditawarkan dengan kemampuan dan harga menarik. Namun jika Anda bisa bersabar sedikit lebih lama, Broadwell tampaknya patut dinantikan.

Via Digitimes. Gambar header: Digital Trends.