Dark
Light

[Rumor] Apple Berencana Masuk ke Pasar VR Headset?

1 min read
February 18, 2015

Apple memang bak selebriti di dunia teknologi. Spekulasi, rumor sampai kabar burung sekalipun tiada hentinya melibatkan perusahaan pimpinan Tim Cook ini. Setelah dikabarkan tengah mengerjakan mobil listrik dengan teknologi kemudi otomatis, kini beredar indikasi bahwa Apple berencana memasuki pasar virtual reality (VR) headset.

Dalam pendaftaran hak paten terbaru, dijelaskan bahwa Apple memiliki teknologi yang melibatkan sebuah head-mounted display yang dapat digunakan untuk mengoperasikan perangkat elektronik yang dilengkapi layar.

Asumsinya adalah, Apple mungkin akan mengeluarkan sebuah aksesori VR headset untuk iPhone yang cara kerjanya mirip dengan Samsung Gear VR, LG VR for G3 maupun Google Cardboard, yakni dengan menyelipkan iPhone ke dalam bodi VR headset tersebut, seperti yang tertera pada gambar di atas.

Info menarik: Panasonic Juga Sedang Menggarap Perangkat Virtual Reality

Apple VR Headset 02

Yang menarik adalah bagaimana wujud VR headset buatan Apple ini lebih mirip sebuah kacamata – atau Google Glass – ketimbang Samsung Gear VR dan kawan-kawannya. Perangkat ini digambarkan hanya memerlukan sepasang tangkai frame untuk menumpu pada telinga penggunanya, bukan menggunakan strap yang mengitari kepala.

Sejauh ini kita tidak boleh langsung percaya, akan tetapi rumor ini semakin diperkuat dengan adanya kabar bahwa tahun lalu Apple sempat membuka lowongan pekerjaan untuk posisi VR/AR Programmer, seperti diberitakan situs Road to VR. Untuk apa? Belum ada informasi lebih lanjut.

Namun jika melihat besarnya potensi teknologi virtual reality maupun augmented reality, tidak heran apabila Apple juga terkesan tertarik mencoba peruntungannya di segmen ini. Sebuah VR headset untuk iPhone 7 di tahun 2016 nanti saya kira akan menjadi pasangan yang amat serasi.

Sumber: United States Patent and Trademark Office. Via: TheNextWeb.

Glenn Kaonang

Gamers, proud daddy, entering web3 with critical mindset.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

E-Commerce Players: What Kind of Tax Do You Look to Apply, Dear Government?

Next Story

Pinterest Hadirkan Fitur App Pins Hasil Kerja Sama dengan Apple

Latest from Blog

Don't Miss

Apple iPhone 15 Event: Semua yang Perlu Anda Ketahui Ada di Sini

Kehadiran iPhone 15 pada tahun ini memang membawa arus hype

Menanti Smartphone Lipat ‘Impian’ di Indonesia

OPPODi artikel ini saya akan menuliskan sebuah hal yang berbeda.