Categories

Gadget

Samsung Ungkap Perangkat Virtual Reality Gear VR, Didukung Teknologi Oculus Rift

Yoga Wisesa - 5 September 2014

Tersingkap sudah rahasia yang selama ini Samsung jaga mati-matian. Sang raksasa Korea itu akhirnya mengungkapkan resmi perangkat virtual reality pertama buatan mereka, mengusung nama Gear VR. Seperti bocoran informasi sebelumnya, pengembangan headset VR Samsung didukung oleh Oculus RIft. Yang kita tidak tahu, mereka telah berkolaborasi selama 12 bulan.

Gear VR dipamerkan secara perdana dalam ajang IFA Berlin 2014. Tapi berbeda dari headset Oculus Rift yang bekerja mandiri dan dapat disambungkan ke berbagai perangkat lain (PC hingga home console), jantung Gear VR ialah smartphone Galaxy Note 4. Gear VR benar-benar dikhususkan sebagai medium virtual reality untuk device mobile - dengan tulisan 'powered by Oculus' ketika Anda mengaktifkannya.

Keunggulan utama dari Gear VR adalah ia tidak menggunakan sambungan kabel. Teknologi di dalamnya diracik sedemikian rupa demi "menyajikan ruang virtual reality sinematik." Maksudnya, ia ditujukan sebagai alat menikmati konten berjenis video atau app multimedia. Samsung dan Oculus setidaknya telah menyiapkan tiga fitur andalan Gear VR.

Pertama adalah Oculus Home, sebuah interface sederhana yang tersambung ke Oculus Store. Di sinilah Anda dapat menjelajahi serta mengunduh bermacam-macam konten virtual reality. Lalu ada Oculus 360 Videos dan 360 Photos. Seperti namanya, Anda bisa melihat file foto serta video dengan mode panoramik. Lalu fitur primadonanya ialah Oculus Cinema: solusi apik menikmat film-film 2D maupun 3D dalam sebuah teater virtual 'eksklusif'.

 

Info menarik: Nikmati Virtual Reality Lebih Baik, Kini Leap Motion Dapat Dipasang di Oculus Rift

 

"Kita mungkin akan meremehkan keajaiban headset virtual reality wireless/portable hingga kita mencobanya sendiri," jelas John Carmack; pionir VR, CTO Oculus, sekaligus desainer game legendaris. "Mungkin kita belum mendapatkan performa PC gaming tertinggi, tapi ada sebuah kompensasi berharga dari kekurangan itu. Hal tersebut memberi jalan bagi developer untuk tumbuh pesat, sembari mendorong laju perkembangan ekosistem [perangkat] mobile."

Carmack meneruskan, "Pada intinya, virtual reality adalah membebaskan diri dari keterbatasan realita dunia sebenarnya. Dapat membawa virtual reality kemanapun Anda pergi, dan bisa mengaksesnya kapanpun Anda mau, akan mendongkrak kualitas pengalaman menjadi jauh lebih baik. Yang Anda saksikan ini adalah kisah fiksi ilmiah yang terealisasikan - dan ini hanyalah permulaan."

Agar tidak kalah dari produk headset VR lain, Samsung membenamkan berbagai teknologi dan hardware teranyar. Di dalamnya, tersaji layar Super AMOLED 5,7-inci beresolusi Quad HD 2,560x1,440-pixel di Galaxy Note 4 sebagai jendela Anda memasuki alam digital. Pertanyaannya, apakah spesifikasi teknis ini akurat? Bukankah pengalaman virtual reality juga menuntut hardware berperforma tinggi?

 

Info menarik: Seperti Inilah Device Virtual Reality Besutan Samsung

 

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menyambungkan Galaxy Note 4 ke Gear VR: buka cover depan semi-transparannya, kemudian masukan ujung port smartphone ke jack sembari diselipkan ke bagian klipnya. Ketika handset terpasang sempurna, layar dalam langsung beralih ke tampilan 3D.

Gear VR tidak dirancang untuk dikenakan bersama kacamata resep. Solusinya, Anda bisa menyesuaikan fokus melalui dial hingga gambar terlihat jelas. Setelah itu, tinggal pasang dan sesuaikan strap velcro di kepala.

Dengan kemampuan seperti ini, Gear VR dibuat untuk bermanuver di wilayah yang sama dengan seri HMZ milik Sony. Langkah cerdas, mengingat sang kompetitor sedang mencurahkan perhatian mereka pada Project Morpheus. Dan bisa jadi, Gear VR hadir di rentang harga lebih terjangkau (walaupun ia tetap membutuhkan handset agar bekerja).

Belum ada informasi soal kapan tepatnya Gear VR tersedia, tapi Samsung berencana untuk menghadirkannya tahun ini dalam satu pilihan warna, frost white. Anda bisa simak spesifikasi lengkapnya di bawah.

Sumber: Samsung Mobile Press & OculusVR.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter